Syarat-syarat teknis menjadi donor darah:

  • Umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  • Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

***

Seseorang tidak boleh menjadi donor darah pada keadaan:

  • Pernah menderita hepatitis B
  • Dalam jangka waktu enam bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis
  • Dalam jangka waktu enam bulan sesudah transfusi
  • Dalam jangka waktu enam bulan sesudah tato/tindik telinga
  • Dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi
  • Dalam jangka waktu enam bulan sesudah operasi kecil
  • Dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi besar
  • Dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio, influenza, kolera, tetanus dipteria, atau profilaksis
  • Dalam jangka waktu dua minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis epidemica, measles, dan tetanus toxin
  • Dalam jangka waktu satu tahun sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies therapeutic
  • Dalam jangka waktu satu minggu sesudah gejala alergi menghilang
  • Dalam jangka waktu satu tahun sesudah transplantasi kulit
  • Sedang hamil dan dalam jangka waktu enam bulan sesudah persalinan
  • Sedang menyusui
  • Ketergantungan obat
  • Alkoholisme akut dan kronis
  • Mengidap Sifilis
  • Menderita tuberkulosis secara klinis
  • Menderita epilepsi dan sering kejang
  • Menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik) yang akan ditusuk
  • Mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah, misalnya kekurangan G6PD, thalasemia, dan polibetemiavera
  • Seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang berisiko tinggi mendapatkan HIV/AIDS (homoseks, morfinis, berganti-ganti pasangan seks, dan pemakai jarum suntik tidak steril)
  • Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan saat donor darah.

* * *

Tambahan Info dari blognya dony disini.

sedikit fakta tentang darah, dengan harapan anda, saya atau siapapun dapat mengenal lebih tentang darah kita

  1. Satu kantung/labu darah yang kita sumbangkan, rata-rata bisa menyumbang untuk 3 kehidupan (tambahan: dan hanya awet selama 28 hari/ 4 minggu)
  2. Orang dewasa yang sehat minimal 17 tahun, dan setidaknya mempunyai berat 110 lbs (+/- 45 kg), dapat menyumbangkan sekitar satu labu setiap 56 hari, atau setiap dua bulan.
  3. Empat utama sel darah merah tipe: A, B, AB dan O. RH faktor bisa positif atau negatif. AB merupakan penerima universal; O negatif adalah universal donor sel darah merah.
  4. Satu unit darah dapat dipisahkan menjadi beberapa komponen: sel darah merah, plasma, platelets dan cryoprecipitate.
  5. Sel darah merah membawa oksigen ke organ-organ tubuh dan jaringan. Sel darah merah tinggal sekitar 120 hari dalam sistem peredaran darah.
  6. Platelets mempromosikan darah dan memberi mereka yang leukemia dan kanker lainnya kesempatan untuk hidup.
  7. Plasma adalah kuning pucat campuran air, protein dan garam. Plasma, yang 90 persen air, membuat sampai 55 persen dari volume darah.
  8. 42 hari: lamanya sel darah merah dapat disimpan. Lima hari: lamanya platelets dapat disimpan. Satu tahun: lamanya plasma beku dapat disimpan. (ini masih menjadi perdebatan karena di Indonesia usia penyimpanan Sel darah merah itu hanya 28 hari atau sekitar 4 minggu)
  9. Anak-anak yang dirawat untuk kanker, bayi prematur dan anak-anak yang memerlukan operasi jantung dan darah platelets dari donor dengan berbagai jenis, khususnya jenis O.
  10. Pasien penderita kurang darah memerlukan transfusi darah untuk meningkatkan tingkat sel darah merah. Kanker, transplantasi dan trauma pasien, serta pasien yang menjalani operasi jantung terbuka memerlukan platelet transfusions untuk bertahan hidup.
  11. Tes tigabelas (11 untuk penyakit menular) yang dilakukan pada setiap unit darah yang disumbangkan.
  12. 17 persen dari non-donor memberikan alasan “never thought about it” sebagai alasan utama untuk tidak menjadi donor, sedangkan 15 persen mengatakan mereka sudah terlalu sibuk.
  13. # 1 alasan donor darah mereka berikan adalah karena mereka “ingin membantu orang lain.
  14. Jika semua memberi donor darah tiga kali dalam setahun, kekurangan darah akan menjadi peristiwa langka di dunia ini
  15. 46,5 gallons: jumlah darah yang dapat disumbangkan jika anda mulai pada usia 17 dan donasi setiap 56 hari hingga mencapai 79 tahun.
  16. Empat langkah mudah untuk menyumbangkan darah: sejarah medis, tes fisik cepat, donor dan makanan ringan.
  17. Donor darah biasanya hanya memakan waktu sekitar 10 menit (namun bisa memperpanjang nyawa yang membutuhkan, selama bertahun2 lagi). Seluruh proses – mulai dari waktu anda masuk ke waktu yang meninggalkan – berlangsung sekitar satu jam. Setelah menyumbangkan darah, tubuh anda mengganti cairan dalam 1 jam dan sel darah merah dalam waktu empat minggu. Delapan bulan yang diperlukan untuk mengembalikan besi hilang setelah sumbangan.
  18. Darah membuat sampai sekitar 7 persen dari berat badan Anda. Memberikan darah tidak akan menurunkan kekuatan.
  19. Anda mendapat cek kesehatan gratis pada saat anda menyumbangkan darah :).

Source : http://www.bloodcenters.org/aboutblood/bloodfacts.htm

Untuk lebih detail, silahkan baca di link yg saya post diatas tadi

* * *

Semoga informasi ini membantu

salam hangat, salam peduli BFL,

Silly


290 Responses to “Syarat Donor Darah”


  1. 1 Lisma
    September 11, 2009 at 6:34 am

    Tes apa saja yg harus dilakukan jika ingin menjadi pendonor darah ?

    thanks,
    Lisma

    • September 23, 2014 at 3:45 am

      Sebelum donor biasanya diperiksa golongan darah, kadar hemoglobin dan pemeriksaan fisik sederhana, seperti tekanan darah, kulit daerah tempat pengambilan darah dan beberapa pemeriksaan yang menurut dokter diperlukan. Setelah donor, ada pemeriksaan uji saring penyakit menular lewat transfusi darah (untuk Indonesia masih: hepatitis B, hepatitis C, HIV dan sifilis). Masih uji saring, bila dinyatakan reaktif, masih harus dipastikan lebih lanjut.

      Semua tes ini dilakukan di tempat pendonoran dan unit transfusi darah, jadi tidak perlu melakukan tes di tempat lain sebelum donor.

      Sebagai pendonor darah, anda hanya perlu menyiapkan diri baik secara fisik dan psikis untuk melancarkan proses donor darah tersebut. :)

  2. 3 Yandri Mahaldy Z
    December 7, 2009 at 12:00 pm

    terimakasih infonya, saya ijin kopas ya…

  3. January 13, 2010 at 9:03 am

    Jika memang ini yang bisa kita lakukan kenapa enggak ? Dukung dan ikuti Aksi Donor Darah di Radio KIS 103.2 Fm Jl.Kr.Anyar Gunung 254 – 255 Semarang Phone : (024) 8316712 Kegiatan diadakan hari Minggu, 31 Januari 2010 jam 08:00 – 12:00. Info ini bisa merupakan undangan bagi Anda yang secara rutin atau pemula untuk mendonorkan darah secara suka rela. Tks. Ajeng Andhika

  4. 5 adie
    January 17, 2010 at 8:10 pm

    saya habis donor 2 minggu lalu
    tapi kenapa saat olahraga saya cepat lelah?
    reply 2 my email please

    • 6 Merrisa Indah Rubiyanti Riyadi
      July 31, 2013 at 4:32 am

      Adie,donor darah ɪτů g membuat kita mudah lelah.Mudah lelah ßɪsα di sebabkan karena Ƙa♍u tnpa sdr kekurangan oksigen,pola makan ♈ªng τɪ̇ϑαк̲̣ sehat,atau aktifitas sehari-hari ♈ªng bertambah padat,dan aktfts padat kita sadari,sudah ßαήyαк̲̣̣ menyita energi kita

  5. 7 agung
    January 20, 2010 at 8:13 pm

    Saya dulu pernah mencoba mendonorkan darah ,, tapi sayangnya ditolak, q kecewa bnget ,,, ga tau knpa ya ko ditolak ,, ??

    • November 1, 2012 at 12:08 pm

      kemungkinan hb (hemoglobinnya) kurang dari 12.5… tensi juga bisa kalo kurang atau melebihi rank yang disyaratkan…. Saya juga pernah ditolak karena kurang hb-nya atau zat besi dalam darah kurang, atau disebut juga anemia… Untuk meningkatkan hb sebaiknya konsumsi banyak sayur, tahu/tempe juga sayur-mayur… semoga bisa membantu

  6. 9 phe
    March 9, 2010 at 10:19 pm

    klo menstruasi bleh donor ga?

  7. 10 diana
    March 31, 2010 at 9:48 am

    sya baru mau mencoba masuk PMI

  8. 11 diana
    March 31, 2010 at 9:49 am

    duhhh…mudah2n ku diterima masuk PMI>>>>tinggal test ksehatan…semagat….doain yup…

  9. 12 Ariel
    April 12, 2010 at 10:04 am

    Saya mw tanya.. Bagaimana kalau dalam 3 bulan, mendonorkan darah sampai 2 atau 3 kali donor, bagus atau tdk tuk si pendonor. Law tidak bagus apa sebabnya? Dn jika d lakukan jg apa efek samping yg d trima oleh si pendonor?! Mohon penjelasannya…
    Thanks y sblumx.

  10. 13 Waty
    April 12, 2010 at 10:13 pm

    Hiks.. :'( aq ga msk kategori dlm donatur darah

  11. May 3, 2010 at 10:39 am

    mampir ke
    http://www.blood4life.web.id
    untuk informasi stok darah, jadwal kegiatan donor darah, dan forum diskusi

  12. 15 Nova Hippy
    May 23, 2010 at 12:08 am

    Saya coba jawab, ya….

    1. @Lisma: tes apa saja yang perlu dilakukan jika ingin menjadi pendonor darah?
    ada dua macam bentuk pendonoran darah…
    yang pertama semua diperiksa dulu, sebelum mendonorkan darah
    yang kedua adalah periksa beberapa hal dulu, sebelum mendonorkan darah, lalu setelah darah diambil, darah kembali diperiksa…
    di PMI biasanya dilakukan cara kedua… sebelum donor diperiksa dulu kesehatannya apakah bisa mendonor… pemeriksaan yang dilakukan itu mencakup pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaan kadar hemoglobin darah
    setelah darah diambil, baru darah diperiksa terhadap penyakit yang bisa menular lewat transfusi darah. ini biasanya mencakup HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis.
    tapi di beberapa tempat yang donor darahnya terlalu sedikit (contoh donor darah dengan cara aferesis belum terlalu banyak yang melakukan karena belum banyak yang tau) dilakukan semua pemeriksaan dulu, baru donor darah.

    2. @Adie: donor darah 2 minggu lalu, kemudian merasa jadi cepat lelah…
    Saat donor darah diambil sel darah merah yang berfungsi untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Ini berarti memang ada kemungkinan penyebabnya adalah donor darah. Tapi berdasar pengalaman, penyebabnya bukan karena donor darah, tapi karena hal lain… contoh kurang tidur, kadar gula darah yang rendah…. jadi kemungkinan penyebabnya itu banyak sekali… belum lagi kemungkinan penyebab psikis…. pemikiran, “aku habis donor darah, jadi pasti cepat cape” juga bisa menyebabkan hal ini terjadi
    semakin sering donor, biasanya hal ini juga akan hilang, karena tubuh sudah terbiasa…. percaya deh…. donor darah itu bagus buat tubuh…. terutama buat laki-laki…

    3. @Agung yang kecewa karena ditolak untuk donor darah…
    alasan ditolak? sebagian alasan sudah tertulis di atas…
    persoalannya, penolakan itu ada penolakan yang selamanya…. contoh penderita HIV… ada yang ditolak untuk sementara… contoh sedang demam….
    jadi penyebabnya bisa banyak… biasanya kalau ditolak akan dikasih tau… coba datang aja lagi ke tempat donor darah…. coba donor darah lagi… mungkin saja kali ini bisa diterima…
    jangan ada kata berhenti berusaha untuk menolong orang…. ga bisa satu kali, coba lagi… kecuali kalau termasuk dalam penolakan selamanya…

    4. @Phe: kalau mens boleh donor?
    di Luar Negeri, boleh…. tapi di Indonesia masih belum diperbolehkan… alasannya lebih karena di Indonesia masih banyak yang kadar hemoglobinnya masih rendah…. terutama wanita… :)

    5. @Ariel: donor darah tiga kali dalam tiga bulan….
    donor darah itu ada dua bentuk… donor darah lengkap atau donor komponen darah tertentu… di Indonesia sebagian besar donor darah masih donor darah lengkap… sedang donor darah komponen darah tertentu baru bisa dilakukan di beberapa tempat saja, seperti UTDD PMI Jakarta, UTDC PMI Bandung. yang terakhir ini menggunakan mesin khusus yang disebut aferesis… darah diambil secara lengkap, diputar sehingga didapat komponen darah tertentu, kemudian komponen darah lain dikembalikan ke dalam tubuh…
    donor komponen ada yang bisa donor seminggu sekali… contoh donor plasma darah
    tapi kalau yang didonorkan mencakup atau hanya sel darah merah, digunakan patokan tiga bulan ini… kenapa tiga bulan? karena saat donor, kadar sel darah merah akan menurun… (itu alasannya yang boleh donor adalah yang kadar hemoglobinnya adalah di atas 12,5 g/dl…. padahal dalam kedokteran kadar Hb 12 g/dl itu masih normal, biar saat turun, kadar Hemoglobin masih dalam batas yang masih bisa ditoleransi dan belum perlu ditransfusikan atau masih di atas 10 g/dl)… setelah tiga bulan, kadar hemoglobin ini akan kembali normal…
    kalau tiap bulan donor darah? kita ambil contoh aja, ya….
    kadar Hb sebelum donor 13 g/dl… donor pertama turun jadi 12 g/dl… satu bulan kemduian belum sempat kembali normal, misal jadi 12,2 g/dl… terus donor lagi… setelah donor kedua jadi 11,2 g/dl…. (masih bisa ditoleransi oleh tubuh)…. satu bulan kemudian belum sempat naik lagi, misal jadi 11,4 g/dl… terus donor lagi… setelah donor ketiga jadi 10,4 g/dl….
    btw, ini contoh, ya… bisa diperkirakan bagaimana kalau kadar Hemoglobinnya pas 12,5 g/dl…. dengan contoh di atas aja, dari 12,5 g/dl bisa turun jadi 9,9 g/dl… akhirnya bukan donor darah, tapi malah transfusi darah….

    gitu deh…. moga ga bingung, yaaaa….

    • 16 vitri
      April 17, 2012 at 4:46 pm

      Maaf,cuma mau menambahkan … kenapa harus dalam waktu 10 minggu,kita baru bisa donor darah kembali,karena pembentukan sel darah merah atau eritrosit memakan waktu kurang lebih 6 bulan, sehingga diharapkan dalam waktu 10 minggu, sel darah merah sudah matang atau pulih kembali. terima kasih.

  13. May 25, 2010 at 12:38 pm

    Mohon infonya, minggu lalu saya dan suami mau donor darah, tapi kebetulan saya minum obat flu sehari sebelumnya, sementara suami minum paracetamol dan CTM untuk mengurangi alergi, lalu sama petugas dibatalkan untuk donor darah.

    Pertanyaannya:
    Apakah memang tidak boleh donor jika sebelumnya sudah konsumsi obat paracetamol atau CTM? Dan berapa lama jarak yang aman sebelum donor?

    Mohon info nya

  14. 19 Nova Hippy
    June 10, 2010 at 9:33 pm

    seingat saya, pertanyaan pertama dalam formulir donor darah adalah:

    1. Apakah anda sehat hari ini?

    bila seseorang mengkonsumsi obat, itu artinya dia sebenarnya tidak merasa sehat sehingga harus mengkonsumsi obat tersebut. jadi disarankan untuk tidak mendonorkan darah.

    ada beberapa obat yang akan menganggu produk darah. salah satunya adalah aspirin yang bisa menyebabkan kadar trombosit dalam kantong darah jadi lebih sedikit daripada yang diharapkan. sehingga efek terapi ke pasien pun menjadi lebih kecil.

    antibiotik juga pernah memberikan hasil yang positif palsu pada pemeriksaan uji saring penyakit menular lewat transfusi darah (untuk Indonesia: Hepatitis B, Hepatitis C, HIV dan Sifilis). sehingga darah jadi dibuang dan tidak ditransfusikan kepada pasien.

    untuk obat-obat yang mempengaruhi darah seperti dua di atas, ada yang mengatakan harus bebas obat tersebut selama 7 hari. sedang untuk obat lain, seperti parasetamol, ada yang mengatakan antara 1 – 2 hari sejak terakhir mengkonsumsi obat tersebut.

    intinya sih di atas tadi… bila anda makan obat, berarti jawaban untuk pertanyaan pertama di kuesioner donor darah adalah tidak, bukan?

  15. 20 nona
    June 25, 2010 at 3:24 pm

    best bangat derma drah ni…..yok sme2 kte derma drh

  16. 21 pieter
    July 15, 2010 at 10:37 am

    saya mau tanya,,di gereja saya ingin mengadakan kegiatan donor darah,,tapi saya belum tau apa syarat2nya,,dan pendaftaranya bagaimana,,terima kasih harap replay ke email saya,,thx

  17. 22 Trya
    July 15, 2010 at 2:26 pm

    Berat saya hanya 42kg kira2 saya bisa donor ga ??

  18. July 19, 2010 at 11:34 am

    kalau tidak salah, sekarang itu ada dua kantong yang disediakan oleh PMI u/ donor darah ya,,?
    kantung yang standar ukuran 300cc dimana pendonor harus memiliki berat >= 50 kg dan kantung ukuran 250 cc u/ pdonor dgn berat badan >= 45kg tp <50 kg..
    sebenarnya apa sih perbedan mendasar kedua kantong tersebut,,?? apakah memang hanya pada kapaasitasnya atau ada lagi selain itu,, soalnya yang 300cc itu dibilang yang memenuhi standar,,
    tks..

    ^^

  19. 24 Nita
    July 21, 2010 at 12:44 pm

    uuh, klo aq mah slalu aja di tolak, berat badan selalu kurang dari 45 kg, gimana donk?? padahal mah pengen bener bisa donor darah, kan itu buat bantu sesama :p

    — visit http://m.rujakasik.com

  20. 25 Nova Hippy
    August 7, 2010 at 8:07 am

    @nona:sipppp betul banget tuh…

    @pieter: maaf tidak tau alamat emailnya, jadi jawab di forum ini aja, ya.
    kalau yang ditanya persyaratan untuk donor darah, jawabannya ada di atas.
    kalau yang ditanya persyaratan untuk membuat mobil unit (Unit Transfusi Darah datang ke tempat anda untuk mengadakan donor darah) sebaiknya ditanyakan ke Unit Transfusi Darah (UTD) terdekat.
    Saya tidak bisa menjawab dengan pasti, karena ada beberapa UTD yang belum punya fasilitas mobil unit, ada beberapa UTD yang tidak membatasi jumlah minimal pendonor untuk didatangi mobil unit dan ada beberapa UTD yang meminta persyaratan khusus (seperti tempat harus dekat dengan sumber air mengalir, tidak panas, dll), serta beberapa permintaan lainnya.
    Jadi, sebaiknya tanyakan ke UTD terdekat.

    @Trya dan Nita: orang yang diterima untuk mendonorkan darah adalah orang dengan berat badan >= 45 kg.
    caranya naikin berat badan? asupan makanan diperbesar, aktivitas dikurangi.
    yang pasti ada beberapa orang yang memang sudah dianugrahi badan yang kecil (walau makan sebanyak apa pun dia akan tetap kecil). jadi syukuri saja.

    yang pasti, Trya dan Nita bisa bantu dengan cara mengajak orang lain untuk mendonorkan darah. Dengungkan ke semua orang, dengan harapan akan ada yang tergerak hatinya untuk mendonorkan darah. Tiap detik ada yang membutuhkan darah, sedangkan seorang pendonor hanya bisa mendonorkan darah setiap tiga bulan.

    Jadi mohon bantuannya, ya.

    @widya:
    jumlah darah yang bisa hilang, tapi masih aman untuk tubuh, adalah 10 cc/kgBB.
    jadi untuk berat badan 45 seharusnya sudah bisa diambil 450 cc/kgBB.

    kantong darah yang ada saat ini bervariasi antara 250 cc, 350 cc dan 450 cc.

    Karena alasan efek terapi ke pasien yang kurang efektif, kantong darah yang 250 cc sudah mulai ditinggalkan. Jadi lebih banyak digunakan yang 350 cc dan 450 cc.

    di Indonesia, pendonor dengan berat badan 45-50 kg diambil 350 cc, dan pendonor dengan berat badan > 50 kg diambil 450 cc. tapi pengambilan keputusan ini bergantung pada dokternya (ada dokter yang mengambil 350cc untuk donor darah pertama kali) dan ketersediaan kantong darah di UTD tersebut (ada yang semua diambil 350 cc karena tidak punya kantong darah 450 cc)

    sedangkan beda antara kantong 250 cc, 350 cc dan 450 cc?
    1. kapasitasnya
    2. komponen darah yang bisa dibentuk.

    kantong darah 250 cc biasanya ada dalam bentuk kantong single (satu kantong, tidak bisa dibuat komponen, hanya untuk darah lengkap) atau double (dua kantong yang dihubungkan dengan selang, darah lengkap bisa dipisahkan dengan baik menjadi sel darah merah pekat dan plasma, sehingga bisa digunakan untuk menolong dua orang)

    kantong darah 350 cc dan 450 cc biasanya ada dalam bentuk triple (tiga kantong yang dihubungkan dengan selang, darah lengkap bisa dipisahkan menjadi tiga komponen darah: dua yang disebut di atas dan trombosit atau anti hemofilik faktor) dan quadruple (dengan empat kantong dan kemungkinan untuk membantu lebih banyak orang)

    350 cc (yang berisi sel darah dan plasma) itu dikatakan memenuhi standar karena 1 kantong darah yang berisi 300 cc sel darah merah (tanpa menghitung plasma) biasanya bisa menaikkan Hemoglobin pasien 1 g/dl.

    Ini adalah alasan kenapa kantong darah yang 250 cc itu dikatakan efek terapi ke pasiennya kurang, karena sel darah merah yang ada di kantong tersebut tidak cukup untuk menaikkan hemoglobin 1 g/dl.

    segitu dulu, ya… semoga bermanfaat….

  21. 26 sieza
    August 15, 2010 at 10:43 am

    saya masih berusia 16 tahun, tapi ingin sekali donor. kalau udah ada surat izin orang tua bisa donor ga? atau harus nunggu sampai 17 tahun? teman saya sangat butuh soalnya, saya tidak bisa hanya diam, padahal darahnya cocok.

  22. 27 Nova Hippy
    August 15, 2010 at 10:29 pm

    @Sieza: sebenarnya bisa. Di LN ada formulir khusus yang harus diisi sama orang tua.

    di Indonesia sendiri, hal ini tergantung pada UTDnya. Tapi yang pasti,

    1. Bila UTD tersebut sudah menggunakan sistem komputerisasi, biasanya sistem ini yang akan menolak. Begitu kurang dari 17 tahun, sistem akan menolak untuk dimasukkan data dari donor tersebut.

    2. Surat ijin orang tua memang cukup, tetapi kemungkinan bahwa surat itu dipalsukan itu tetap ada. Dan ini pernah terjadi.

    Jadi akan sedikit sulit untuk mendonorkan darah bila anda belum berumur 17 tahun.

    Satu hal yang bisa anda lakukan saat ini adalah mengajak orang lain untuk mendonorkan darah.

    Bagaimana dengan orang tua anda, guru anda, saudara anda, apakah mereka sudah mendonorkan darah?

    dengan begitu, anda tidak hanya diam saat teman anda membutuhkan.

    Bukankah ada banyak jalan menuju ke Roma?

  23. 28 ven
    October 11, 2010 at 12:01 am

    Gw ingin donor darah but setengah taon yg lalu gw menderita DBD, so apakah gw msh blh donor darah ?
    Thanx^^

  24. 29 zuhdi
    October 24, 2010 at 7:46 am

    mau tanya, kalo kena DM bisa donor ga? secara penyakit DM kan tidak ditularkan melalui darah…dan kalau tidak boleh apa alasan medisnya? btw dengan catatan ya DM yg tidak mengkonsumsi obat2an secara rutin…

  25. 30 azifrayani
    October 28, 2010 at 8:04 pm

    Semoga senantiasa bertambah para DONOR SUKARELA di INDONESIA Tercinta ini, demi kemaslahatan bagi bangsa dan NEGARA RI. Mari kita senantiasa melakukan gerakan DONOR DARAH dan mengajak saudara-saudara kita untuk memberikan sebagian darah nya kepada yang memerlukan. maka ALLAH akan membalas kebaikan didunia, kelak diakhirat nanti.

  26. 31 CINTA
    November 8, 2010 at 4:00 pm

    saya belum pernah donor nich kalau donor sakit gk ya

  27. 32 Stefanie Dyah
    November 9, 2010 at 8:21 am

    Maaf, aku mau tanya, kalo mau mengadakan event donor darah, ada lembaga-lembaga tertentu yang bisa menyeponsori gak ya? Makasih banyak. Mohon infonya.

  28. 33 Nova Hippy
    November 15, 2010 at 8:08 am

    @ven: dbd itu maksudnya demam berdarah dengue, kan? boleh.

    @zuhdi: kalau DM saja, tidak apa untuk mendonorkan darah. Pasien mungkin mengalami peningkatan gula darah setelah mendapat transfusi, tetapi itu hanya bersifat sementara. Namun, penderita DM biasanya diminta untuk mendonorkan darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya angka TBC pada penderita DM. Kadar gula yang tinggi itu biasanya membuat kuman senang untuk tinggal. Ini yang tidak diinginkan, karena kuman dalam darah itu bisa ikut masuk dalam tubuh pasien.

    @azifrayani: amin… yuk mariii…

    @cinta: sakit… tapi hanya seperti digigit semut dan hanya sebentar… saya sendiri lebih memilih untuk merasa sedikit sakit seperti itu, dibanding rasa sakit karena kehilangan orang yang dikasihi karena tidak mendapatkan darah…

    @stefanie dyah: sponsor itu untuk apa? karena untuk memanggil PMI untuk mengadakan donor darah di tempat anda itu gratis. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa meja dan kursi, tempat dan beberapa poster sebelum acara yang hanya memerlukan dana yang sangat minim.
    Satu hal yang ingin saya tanyakan: bila anda mau membantu orang, apakah anda baru mau melakukannya setelah ada orang yang membantu anda?

  29. 34 yowbow
    November 16, 2010 at 7:41 am

    saya seorang mahasiswa yang rencananya ingin membuat tugas akhir ttg penyimpanan darah, yang mau saya tanya:
    1. biasanya labu atau tabung darah disimpan pada temperature brp?
    2. ukuran (panjang, tinggi, lebar) tabung darah berdasarkan standar nya kira2 brp?
    maaf bila pertanyaan saya sedikit menyimpang,
    terima kasih ^^,

  30. 35 Nova Hippy
    November 20, 2010 at 6:31 am

    @yowbow:

    wah hebat… kalau sudah selesai, jangan lupa dikirim ke saya, ya… nsfirm@yahoo.com :)

    ok. Pertama tentang istilah…
    istilah yang biasa digunakan saat ini adalah kantong darah. labu darah dipakai oleh orang dulu karena dulu yang dipakai untuk menampung darah adalah botol yang bentuknya seperti labu. kadang istilah ini masih sesekali terdengar. sementara istilah tabung darah belum pernah saya dengar sebelumnya.

    mengenai suhu penyimpanan
    ini tergantung komponennya. darah lengkap dan sel darah merah pekat disimpan pada suhu 2-6 derajat celcius, konsentrat trombosit pada suhu 20 – 24 derajat celcius, sedangkan plasma segar beku dan komponen anti hemofilia pada suhu di bawah minus 30 derajat celcius.

    terakhir tentang ukuran kantong…
    ini berbeda-beda tergantung volume darah dan pabrik yang membuat. saya sendiri tidak terlalu hapal, karena ada kantong buat anak kecil, buat orang dewasa, volume 250 ml, 350 ml, 450 ml. belum lagi kantong baxter, jms, jml. dan terus terang saya tidak pernah mencoba mencari tahu ukuran dimensi kantong tersebut.

    saya jadi ingin bertanya… kenapa menanyakan ukuran kantong?

  31. 36 yowbow
    November 21, 2010 at 9:05 pm

    owh tabung darah ga ada yah,heheheh, makasih bgt info ny, semoga klo beres, saya kirim :)
    ukuran kantong biar bisa disesuaikan dengan desain agar lebih efisien
    trims yah :D

    • 37 Nova Hippy
      February 21, 2011 at 2:46 pm

      ukuran kantong disesuaikan dengan desain?
      bentuk kantong darah biasanya sih kotak. ukurannya memang tidak sama, karena hal-hal yang saya sebut tadi. ada yang lebih panjang, ada yang lebih lebar. dan kalau mau mengakui, saya belum pernah mengukur dimensi dari kantong darah.

      jadi ingat ada foto kantong darah yang bentuknya beruang… ini kantong darah buat anak. tapi, saya pikir bentuk ini tidak efektif karena akan ada darah yang tertinggal dalam kantong. :) sepertinya itu hanya desain, tapi tidak benar-benar digunakan.

  32. December 3, 2010 at 3:01 pm

    kalo lagi menstruasi gag boleh donor ya? :(

    • 39 Nova Hippy
      February 21, 2011 at 2:52 pm

      kalau di luar negeri, kadar sel darah merah dalam darahnya rata-rata bagus, jadi ada yang menyatakan saat mens masih bisa mendonorkan darah. Yang penting, kadar sel darah merah dalam darah yang diukur dalam bentuk hemoglobin, masih di atas 12,5 g/dl.

      tapi di Indonesia, dengan pernyataan sangobion bahwa 1 di antara 2 perempuan menderita anemia, prosedur seperti ini tidak bisa dijalankan. tidak mens saja tidak bisa donor, apalagi saat mens?

      jadi, amannya sih saat mens tidak mendonorkan darah. Karena saat menstruasi, kadar sel darah merah dalam darah pasti akan menurun.

  33. 40 Rique
    December 6, 2010 at 5:31 pm

    Sy ingin donor darah tapi belum lama ini kena tbc. Tapi stlh 6 bulan minum obat dan dinyatakan sehat,berapa lama tenggang waktu sampai saya diijinin donor lagi.
    Karena sy merasakan manfaat donor darah ini,minimal secara psikis lah.
    Pls dijawab ya.

    • 41 Nova Hippy
      February 21, 2011 at 4:01 pm

      Ini tergantung Unit Transfusi Darahnya. Tanyakan saja ke Unit Transfusi Darah dimana anda mendonorkan darah.

      Pedoman Di Amerika:
      – Sudah bisa donor setelah dinyatakan selesai terapi dan sembuh.

  34. 42 Emilia
    December 12, 2010 at 12:49 am

    adik ibu saya membutuhkan donor golongan darah O Rh Negatif secepat mungkin.
    Kalau ada teman-teman punya golongan darah O Rh Negatif, lokasinya di sekitar Jakarta dan bersedia mencadangkan diri on the call untuk dipanggil donor darah, silakan hubungi langsung:
    Emilia: 082111767537

    Tentunya kebaikan semacam ini gak mungkin terbalas, semog…a Allah yang menggantikan dengan yang jauh lebih baik…

  35. 43 Fatiya
    December 14, 2010 at 12:10 pm

    dari dulu pengen banget donor darah, cuman aga takut soalnya pas vaksinasi waktu sd darah aku yang keluar lebih banyak daripada temen aku.. tapi Insya Allah aku coba deh.. makasi infonya! kalo ada info tambahan kirimin ke e-mail aku ya! ada lomba soalnya , drama tentang donor darah, bingung gmana bikinnya hehe

  36. 45 irwan
    December 27, 2010 at 10:52 pm

    saya ijin bwt copy link nya ya,,,
    sekedar ingin mengingatkan temen-temen ma sodara-sodara kita akan pentingnya donor darah,,,

  37. 47 irwan
    January 1, 2011 at 9:35 am

    mo sedikit share nih,,,
    klo ada yang bingung :
    1. kapan ya saya boleh donor darah lagi???
    Download Kalender Periodik Donor Darah 2011 (gratis lho) ^^:

    http://www.4shared.com/document/u2V_biJ5/kalender_periodik_donor_darah_.html

    2. dimana kantor cabang PMI terdekat?
    Download Daftar Kantor Cabang PMI :

    http://www.4shared.com/document/IDhMyXCp/daftar_alamat_kantor_cabang_pm.html

    • 48 Nova Hippy
      February 21, 2011 at 4:22 pm

      nanya dong… kalender periodiknya ngambil waktu selang untuk donornya berapa hari?

      data komputer untuk waktu selang untuk donor sebesar 75 hari kok beda dengan yang ada di kalender tersebut, ya?

  38. 49 yoko des
    January 17, 2011 at 1:02 am

    *nanya* bole ga seh 9w donor darah tiap bulan???
    klo ga pa tiap 2 bulan???
    klo 3 bulan,kelamaan say….keburu lupa….*plak

    • 50 Nova Hippy
      February 21, 2011 at 4:10 pm

      kalau ditanya boleh atau tidak, jawabannya sih boleh saja… tapi jenis darah yang didonorkan itu berbeda.

      donor darah yang umum yang biasa disebut donor darah lengkap, itu hanya bisa setiap 75 hari. bagaimana kalau donor setiap bulan? wah, saya pernah mendengar ada yang meninggal karena dia mendonorkan darah setiap bulan. Bukannya bikin sehat, malah merugikan diri sendiri. Segala sesuatu yang berlebihan kan tidak baik buat tubuh. :)

      Ada bentuk donor darah lain yang disebut aferesis. Ini cara khusus. Darah diambil secara lengkap, tetapi setelah dimasukkan ke dalam alat, darah langsung dipisahkan menjadi beberapa komponen. Setelah itu, komponen yang tidak ingin didonorkan dikembalikan ke tubuh pendonor. Hanya komponen tertentu saja yang dimasukkan dalam kantong darah. Frekuensi pendonoran tergantung dari komponen yang didonorkan. Yang paling cepat kalau donornya plasma. Donor plasma ini sudah bisa mendonorkan plasma kembali dalam hitungan hari. Sayangnya pendonoran macam ini butuh biaya cukup mahal. Jadi agak berat kalau diberlakukan untuk semua pendonor darah. :)

  39. 51 TANTI
    January 30, 2011 at 6:47 pm

    kenapa darah yang di simpan di labu tidak membeku ?

  40. 53 rio
    February 24, 2011 at 3:08 pm

    saya mau tanya, saya pernah sekali donor darah sekitar September 2005 sampai skr sya blm donor lagi, waktu itu tidak ada pemeriksaan darah sebelum donor, jadi langsung proses pendonoran darah setelah mengisi form2 yg disediakan, apakah kalau darah saya itu bermasalah, misalnya terdeteksi adanya penyakit hepatitis, hiv,dsb saya harusnya dikasih tau atau kah??? apakah karena tidak diberitau itu berarti darah saya sehat?? mohon penjelasannya.thanks & God Bless

    • 54 Nova Hippy
      March 22, 2011 at 7:51 pm

      yang umumnya terjadi… (kembali lagi ini tergantung kebijakan UTD setempat)

      sebelum donor, para pendonor hanya diperiksa apakah dia sehat untuk mendonorkan darah atau tidak. caranya dengan membaca form isian yang diisi pendonor, memeriksa kadar hemoglobin dan memeriksa tekanan darah.

      uji saring penyakit infeksi menular lewat transfusi darah (di Indonesia umumnya HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis) dilakukan setelah darah diambil. Mungkin anda sendiri pernah melihat bahwa selain mengambil darah dalam kantong, darah juga diambil dan dimasukkan ke dalam tabung kecil. Darah dalam tabung ini lah yang digunakan untuk pemeriksaan uji saring penyakit” tsb.

      mengenai pemberitahuan hasil kepada pendonor, ini tergantung kebijakan Unit Transfusi Darah dimana anda mendonorkan darah. Ada yang mengirimkan surat, ada yang memberitahukan saat anda mendonorkan darah kembali, ada yang tidak diberitahukan. jadi, bila tidak dikirimi surat,itu tidak berarti darah anda pasti sehat.

      btw, kenapa sejak tahun 2005 tidak mendonorkan darah lagi?

  41. 55 dwi puspita
    March 4, 2011 at 7:17 am

    kurang dari 6 bulan yg lalu saya imunisasi gardasil (vasin kanker leher rahim)
    apa boleh ikut donor?
    jika boleh, apa pemeriksaan darah untuk donor ada disetiap tempat untuk mendonor darah?
    dikota saya (bekasi) ada tempat donor darah yang berlokasi di sebuah mal, jd lebih baik saya mendonor dimana? di PMI langsung atau disana ya?
    terimakasih

    • 56 Nova Hippy
      March 22, 2011 at 8:31 pm

      mengenai gardasil, ini tergantung kebijakan Unit Transfusi darah setempat. coba saja tanyakan langsung.

      seperti yang saya beritahukan di atas, umumnya sebelum donor pendonor diperiksa apakah bisa mendonorkan darah atau tidak. mengenai penyakit, biasanya dilakukan di Unit Transfusi Darah yang mempunyai laboratorium pemeriksaan uji saring penyakit setelah proses pendonoran selesai.

      yang anda sebutkan itu adalah unit donor darah. unit ini fungsinya hanya memeriksa pendonor sebelum pendonoran darah, kemudian mengambil darah bila pendonor dinyatakan bisa untuk mendonorkan darah. Biasanya di penghujung hari, darah itu akan dibawa ke Unit Transfusi Darah terkait dan dilakukan pemeriksaan penyakit di sana. Jadi tidak diperiksa di Unit Donor Darah tersebut, tapi diperiksa di Unit Transfusi Darah. :)

      unit donor darah ini hanya salah satu cara PMI untuk meningkatkan pelayanan untuk pendonor darah. dengan menyediakan tempat pendonoran darah di mall dan universitas, para pendonor akan lebih mudah untuk mendonorkan darah. :) tidak terlalu jauh, tidak perlu memikirkan dimana tempat mobil unit berikutnya, tidak perlu kesulitan mencari tempat parkir, dan berbagai kelebihan lain yang saya dengar sendiri dari para pendonor yang mendonorkan darah saat saya bertugas di Unit Donor Darah Blok A Tanah Abang dan Unit Donor Darah Senayan City.

      Mengenai dimana tempat anda mendonorkan darah, itu tergantung pada diri anda sendiri. Anda bisa mendonorkan darah dimana pun yang nyaman buat anda mendonorkan darah. Yang pasti, dimana pun anda mendonor, pasti ada orang yang membutuhkan darah. :)

  42. 57 saiful
    March 9, 2011 at 10:38 pm

    yg trkn TB gmn?

    • 58 Nova Hippy
      March 22, 2011 at 7:57 pm

      coba cek jawaban di atas, deh… :)

      • 59 ani
        June 1, 2011 at 11:59 am

        @Nova Hippy, mau tanya ya

        Saya termasuk overweight namun tekanan darah rendah (rata2 90/60) dan Hb rendah (rata2 10-11). Padahal pola makan saya biasa saja (tidak diet).
        Saya tau angkanya karena rutin diperiksa saat ke dokter (3 bulanan) dan medical check up tahunan selama 4 tahun ini.
        Saya ingin donor, tapi bagaimana ya jika keadaannya seperti itu?

        Selain itu, saya nilai agregasi trombosit saya juga tinggi (darah kental) namun belum diketahui penyebabnya.
        Apakah hal ini bisa dikurangi dengan donor darah?

        Mohon pencerahannya… Terima kasih…

      • September 23, 2014 at 4:21 am

        @ani:

        Maaf. Saya sudah lama tidak memantau blood4life, jadi baru membaca pertanyaan anda. Saking lamanya, saya sampai lupa kalau sudah menjawab pertanyaan paling atas. :)

        Overweight dan tidak diet bukan berarti semua yang diperlukan tubuh bisa dipenuhi lewat asupan makanan. Seseorang yang mengatakan tidak sedang diet bukan berarti dia makan semua, kan? Contoh: ‘anak kos’ tidak diet, tapi bolak balik yang dimakan mie… Akhirnya kurang asupan sayur hijau, dan daging merah… Hb bisa turun… Coba catat makanan yang anda makan selama satu minggu depan, deh… Untuk memastikan saja.

        Btw, saya juga overweight, saya juga tidak diet, tapi saya juga sering drop baik tekanan darah maupun Hbnya. Tekanan darah dan Hb saya drop kalau saya kurang istirahat, terlalu lelah, makan tidak teratur atau karena sedang mens. Jadi banyak hal yang bisa mempengaruhi.

        Saya pribadi pernah ditolak berulang kali karena Hb yang makin lama makin terjun bebas. Saya sempat cuek, tapi saat Hb tersebut makin turun, saya merubah pola makan saya. Setelah itu, saya masih overweight… :D tapi, Hb saya naik.

        Untuk darah kental, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter penyakit dalam.

        Efek donor darah bisa berbeda dari satu orang ke orang lain. Namun, jika berpikir secara teori fisika, bila suatu cairan yang kental, dibuang sedikit isinya, lalu diisi dengan air, maka kekentalannya akan berkurang. Darah yang kental, bila didonorkan (dibuang sedikit dari tubuh), lalu minum air yang banyak untuk mengganti cairan, maka kekentalannya akan berkurang.

        Hanya saja, keadaan ‘tidak kental’ ini, umumnya bersifat sementara. Jadi, bisa saja kekentalan darah itu kembali lagi. Ada yang kembali kental seperti sebelumnya, ada yang makin kental. Karena itu, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai keuntungan dan risiko yang mungkin timbul.

  43. March 27, 2011 at 9:15 pm

    Malam mas. Mau tanya kalau donor bisa dimana saja ya? di rumah sakit biasa bisa atau mesti ke PMI pusat? tq b4

  44. 63 Mary
    May 23, 2011 at 7:23 pm

    Saya pendonor sukarela yang secara rutin datang ke PMI, namun karena sedang dinas di luar negeri maka aktivitas donor saya lanjutkan di negara saya bertugas. Ada 3 jenis donor darah yang bisa dilakukan di Australian Red Cross Blood Service, yakni whole blood donor, plasma donor dan platelets donor. saya sangat berharap PMI dapat segera melaksanakan plasma donor dan platelets donor juga di Indonesia. Meski membutuhkan perlengkapan tambahan, namun pendonor dapat kembali mendonorkan darahnya dalam jangka waktu 2 minggu, jauh lebih cepat ketimbang whole blood donor yang baru bisa kembali 3 bulan kemudian. Jumlah pasien yang dapat ditolong juga bisa lebih besar.

    • 64 Nova Hippy
      January 31, 2012 at 10:18 am

      Hi Mary,

      Maaf, sepertinya anda sudah cukup lama tidak donor darah di Indonesia.

      Di beberapa kota, terutama di Jawa sudah ada donor darah yang Mary maksud. Ini yang disebut dengan aferesis. Donor darah hanya komponen darah tertentu, sedangkan komponen darah yang lain akan dikembalikan ke tubuh pendonor.

      Kendala di Indonesia adalah kit khusus yang dipakai itu cukup mahal dan hanya bisa sekali pakai. Untuk satu kali donor, bisa terkena biaya 3,5 juta di lain persiapan donor, seperti pemeriksaan golongan darah dan penyakit menular lewat transfusi darah.

      di Australia, dukungan pemerintah cukup kuat, sehingga biaya ini tidak terlalu terasa. Tapi, di Indonesia? kalau diberi pilihan antara darah dengan Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD) di bawah 1 juta per kantong dengan BPPD lebih dari 3,5 juta per kantong, anda bisa memperkirakan sebagian besar orang akan memilih yang mana.

      jadi, donor darah dengan cara aferesis ini biasanya merupakan pilihan yang baru dilakukan bila orang yang membutuhkan itu mampu. jadi, tidak dilakukan secara rutin. sayang, kalau sudah diambil dari donor, tapi tidak ada yang mau menggunakannya.

      mungkin itu alasannya kenapa tidak banyak orang yang tau tentang pilihan mendonorkan darah dengan cara aferesis ini.

  45. 65 dany
    June 15, 2011 at 6:14 pm

    mohon perhatiannya,,
    saya mulai mendonor darah sejak saya kelas X11 SMA, donor darah ini saya lanjutkan hingga saya kuliah, tapi, pas semester 6 ketika saya mau mendonorkan darah petugas donor melarang saya untuk tidak mendonor darah, alasannya, ketika nama saya di lihat melalui data base, nama saya sudah terblokir tidak bisa mendonor lagi.. yang ingin saya tanyakan hal-hal apa saja yang bisa mengakibatkan pemblokiran hingga saya tak boleh mendonor lagi,,,, sekian terima kasih..

    • 66 Nova Hippy
      January 31, 2012 at 10:25 am

      coba datang ke unit donor darah dimana anda mendonorkan darah, lalu minta surat rujukan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

      alasan tidak bisa mendonorkan darah secara umum dibagi menjadi dua: penolakan sementara atau penolakan tetap (sama sekali tidak bisa mendonorkan darah lagi).

      kalau penolakan tetap, biasanya memerlukan pemeriksaan lain yang lebih mendetil untuk memastikan. jadi, saya tidak bisa menebak secara pasti alasan kenapa anda tidak bisa mendonor lagi.

  46. June 21, 2011 at 8:10 am

    Mau ikutan nge-donor dong dear BFL..
    persiapan sebelum nge-donor selain sy musti ditest, apa perlu puasa? Atau justru musti makan dulu ya?
    Salam~

    • 68 Nova Hippy
      January 31, 2012 at 10:57 am

      Mulai dari 1 minggu sebelumnya, saya menyarankan pendonor (terutama yang perempuan) makan daging merah dan sayuran hijau secara setiap hari. Beberapa pendonor, yang karena diet tidak mengkonsumsi daging merah, akhirnya kadar hemoglobin (Hb)nya turun, dan tidak bisa mendonorkan darah. tidur yang cukup.

      Dalam 24 jam sebelum donor: tidur yang cukup, makan dua jam sebelum donor, minum yang banyak (sebaiknya air putih, biar darah tidak terlalu kental, sehingga proses donor darah tidak berlangsung lama). tidak mengkonsumsi obat dan minuman keras.

      Jangan gunakan baju dengan lengan yang ketat, karena ada pendonor yang berdarah kembali karena lengan baju ketat yang disingsingkan ke atas menyebabkan darah membendung dan keluar kembali setelah proses pendonoran selesai. Jangan gunakan baju yang lengannya terlalu tebal (kecuali bisa dibuka, seperti jaket), karena bisa mempengaruhi hasil pemeriksaan tekanan darah.

      Dalam 24 jam setelah donor: minum yang banyak, tidak membawa barang berat atau menggerakkan lengan dengan gerakan menghentak menggunakan lengan yang ditusuk untuk mendonorkan darah.

  47. July 6, 2011 at 12:25 am

    maaf, sblmnya saya merupakan pendonor darah aktif di PMI, tp terakhir kali saya mau menyumbangkan darah saya, pihak PMI bilang kalo darah saya di ambil samplenya dulu, minggu depan baru boleh donor lagi, eh pas minggu depannya saya kesana lagi, pihak PMI kembali berkata hal yang sama, katanya untuk ters kedua.. apakah saya menderita HIV?? trims..

  48. 71 christien
    August 10, 2011 at 12:49 pm

    saya ingin jadi pendonor…:)

  49. 73 Mila
    September 5, 2011 at 7:40 pm

    Baru saja tergerak mau ikutan donor…sdg mencari-cari infonya di Jkt. Tapi setelah baca syarat2x untuk mendonor, salah satunya tidak boleh kalau masih menyusui.. :( yahk..diurungkan dulu deh niatan donor darahnya. Ada penjelasin lebih detail ga? Kenapa busui tidak boleh donor darah? Terima kasih sebelumnya. :) Salam

    • February 1, 2012 at 1:41 pm

      karena dalam darah ada zat kekebalan tubuh, dan kekebalan tubuh ibu diberikan ke anak saat ibu menyusui anak tersebut. :)
      kalau diambil, konsentrasi zat kekebalan tubuh akan menurun, akhirnya yang diberi ke anak juga menurun.

  50. 75 Novi Yulianis
    September 6, 2011 at 5:27 am

    bahagia rasanya bisa memberi manfaat utk kehidupan orang lain, semoga donor bisa jadi rutinitas yg slalu dinantikan jadwalnya..

    • February 1, 2012 at 1:57 pm

      aminnn….
      jangan lupa ajak teman.

      secara mudah, kebutuhan darah per tahun suatu daerah itu adalah sebesar 2% dari populasi daerah tersebut.

      di Indonesia? baru 0,7%.

      jadilah donor selama kita mampu, jangan menunda.

      saya sering dengar ada orang yang mengatakan saya akan donor darah kalau ada yang butuh. saya sedih mendengarnya. ke tempat saya bekerja, yuk. saya akan memperlihatkan berapa banyak orang yang membutuhkan darah setiap HARInya, sedangkan pendonor hanya bisa mendonorkan darah setiap 3 bulan.

      bagaimana orang yang membutuhkan darah sering kali membutuhkan darah yang siap pakai, tanpa punya waktu untuk menunggu orang mendonorkan darah.

      kalau darah yang anda miliki adalah darah yang langka, itu lain cerita. kalau keadaannya seperti ini, anda baru bisa mengatakan, “saya siap mendonorkan darah bila ada yang membutuhkan.”

      melakukan kebaikan kan tidak boleh ditunda. :)

      • May 20, 2014 at 1:49 pm

        Saya ingin mendonorkan darah, cuman pas di pmi gak bisa donor karena tensi saya rendah 100/70 mHS, HB 12.6 ini kata petugas saya kurang tidur.( memang saya tidur jam 10 mlm. tetapi jam 2 -3.30 terbangun karena harus menemani si kecil yang terbangun dan bermain sendirian). mungkin ini penyebabnya. sedih gak bisa donor saat itu. saya mau tanya untuk menaikkan tensi dan HB supaya sesuai standar pmi untuk donor perlu berapa hari? 24 jam atau lebih. dengan mengkonsumsi sayur kacang ” dll

  51. September 14, 2011 at 11:04 am

    semoga saya selalu dalam keadaan sehat sehingga tetap bisa mendonorkan darah setiap 3 bulan sekali.amin

    • February 1, 2012 at 2:07 pm

      amiiinnnn…..
      saya ingat ada seorang pendonor yang sudah mendonorkan darah lebih dari 100 kali pernah mengatakan pada saya. terus terang saya tidak ingat kalimat pastinya, tapi intinya adalah sebagai berikut,

      alasan saya mendonorkan darah mencakup berbagai hal. salah satunya adalah dengan mendonorkan darah saya menambah jumlah keluarga saya. saya memupuk tali silahturahmi. alhamdulillah, beberapa dari mereka sudah benar2 seperti keluarga saya.

      dan salah satu alasan kenapa saya sehat sampai saya bisa terus mendonor adalah banyaknya orang yang mendoakan kesehatan saya. orang yang mendapatkan darah saya, bapak dari orang tersebut, ibu dari orang tersebut, suami/istri mereka, anak mereka, saudara mereka, pacar mereka, dan lainnya. bisa dikatakan ada lebih dari 40 orang yang mendoakan kesehatan saya baik secara langsung atau tidak langsung.

      bagaimana saya tidak sehat?
      :)

  52. 80 Widya
    September 18, 2011 at 8:25 pm

    Mau tanya dong sebelumnya, kalau orang yang udah pernah donor darah apa harus donor darah rutin ya? Setahu saya soalnya ada kasus kakeknya temen saya yang donornya terjadwal, terus di suatu waktu dia satu kali gak memenuhi jadwal dan dia langsung sakit. Tolong dijawab ya bagi yang tahu, terimakasih sebelumnya :)

    • February 1, 2012 at 2:27 pm

      tidak ada kewajiban untuk terus memberikan darah.

      tapi, karena setelah donor darah biasanya aliran darah menjadi lebih lancar, akhirnya kalau pendonor yang sudah sering donor tidak mendonorkan darah, pendonor akan menjadi tidak enak badan.

      tapi, ini juga tergantung sakitnya. kalau tidak donor, terus terkena typhus, ya saya bisa bilang itu bukan karena tidak mendonorkan darah.

      kalau boleh tau, sakitnya apa, ya?

  53. 82 rian
    September 19, 2011 at 11:03 am

    klu di bukittinggi mau donor kemana boss

  54. September 19, 2011 at 11:13 am

    saya sering donor darah tapi langsung ke yg membutuhkannya sekarang ingin donor lagi ada g yg butuh darah O klu ada hobungi aja ya saya di bukiitinggi

  55. September 19, 2011 at 2:47 pm

    Om Tante..,saya sekarang umur 15 tahun boleh ikutan nggak..??
    Plizzz….

  56. 86 Agus
    September 23, 2011 at 9:24 am

    Sebelum 2011 saya rutin donor, tp di tahun 2011 ini saya pernah mengalami kenaikan tekanan darah yg cukup tinggi sehingga oleh dokter diberi obat pengendali tekanan darah (captopril). setelah rutin minum obat tekanan darah di sekitar 140/130 atas dan bawah 100/90. saya tetap minum obat tsb pada pagi dan sore. pertanyaan saya apakah saya masih boleh donor, krn seingat saya dalam formulir donor di pmi ada pertanyaan mengenai bebas minum obat selama seminggu. thx.

  57. 87 Heri Nuryadi
    September 25, 2011 at 6:18 pm

    Klo kita nyumbang utk org tertentu di provinsi B tp kita berada di provinsi D, apakah darah kita tsb bisa nyampe di provinsi B tsb ?
    Tq

    • February 16, 2012 at 6:10 pm

      saya pernah berada di aceh dan meminta darah di jakarta (karena golongan darah pasien termasuk langka, dan susah mencari pendonor dengan golongan tersebut di aceh). dan darah itu sampai di aceh.

      tp untuk golongan darah yang umum, biasanya orang akan mencari di kota terdekat lebih dahulu sebelum memintanya ke tempat lain, seperti jakarta.

  58. 89 irma
    September 27, 2011 at 3:39 pm

    dulu saya rutin donor darah 3 bulan sekali,tapi semenjak saya nikah dan hamil saya ga pernah donor darah lagi,yang saya baca di atas orang yang menyusui dan 6 bulan setelah persalinan,yang mau saya tanyakan,anak saya sudah 10 bulan tapi masih menyusui,apakah saya boleh donor lagi.? mengingat yang saya baca di atas warning nya 6 bulan setelah persalinan sedangkan saya kan sudah 10 bulan setelah persalinan. dan kalo saya donor apa tidak akan ada efek negatif bwat anak saya yang masih menyusui.? saya pengen dah ga sabar pengen donor lagi soal nya saya pernah merasakan susah nya mencari donor darah karena stok darah di pmi kosong maka nya saya rutin donor darah apalagi setelah saya tau manfaat donor itu sendiri.

    • February 20, 2012 at 6:08 pm

      enam bulan setelah persalinan, dan menyusui itudibuat terpisah, dengan alasan ada yang setelah bersalin, tidak menyusui.
      kl tidak menyusui, ya enam bulan setelah persalinan. kl menyusui, ya selama masih menyusui.
      kenapa sebaiknya belum donor, kayaknya sudah pernah saya jawab, tapi saya coba jawab lagi, ya….
      saat menyusui, antibodi atau kekebalan tubuh dari ibu juga dikirimkan ke anaknya. kalau donor darah, antibodi ini akan diambil juga, dan begitu minum, konsentrasi antibodi dalam darah akan sedikit menurun, yang artinya yang diberikan ke anak juga akan menurun.
      jadi, sabar ya…. :) sebentar lagi, bisa…. :)

  59. September 27, 2011 at 7:33 pm

    pengen donor darah,, tpi nggak tau lokasinya di medan dimana

  60. 93 wahyu
    October 1, 2011 at 3:04 pm

    gimana caranya kita menyumbangkan darah. kalau tempat kita di pedesaan.saya bingung gimana caranya darah ini di donor

  61. 95 Ikhsan
    October 1, 2011 at 5:45 pm

    Apa itu rhesus negatif dan rhesus positif?
    Golongan darahku O positif..
    Trims.

    • February 20, 2012 at 6:35 pm

      di permukaan sel darah itu ada banyak protein yang bila diberikan ke orang lain dapat dianggap sebagai benda asing oleh penerima darah. untuk melawan benda asing atau yang disebut antigen, tubuh si penerima darah akan mencoba membuat tentara untuk melawan yang disebut sebagai antibodi.

      tergantung kekuatan dari antigen ini, tubuh membuat tentara yang berbeda-beda. ada yang tentara biasa ada tentara yang seperti kopasus. kopasus turun kalau antigen nya itu bisa mengancam jiwa si penerima darah. persoalannya, perangnya sendiri itu juga bisa mengancam jiwa si penerima darah.

      salah satu perang yang mengancam jiwa itu adalah perang kalau orang dengan antibodi D (yang ada pada orang dengan Rh negatif) diberikan darah dengan antigen D (orang dengan Rh positif).

      sebaliknya, kl orang dengan Rh positif (tidak punya antibodi D) tidak apa-apa bila diberikan darah Rh negatif (tidak punya antigen anti D).

      untungnya sebagian besar orang adalah Rh positif, hanya saja di luar negeri, karena takut kalau sampai memberikan darah Rh positif ke orang dengan Rh negatif, akhirnya diambil keputusan kalau dalam keadaan sangat mendesak dan terjadi di tempat yang tidak bisa memeriksa golongan darah (seperti di ambulans), pasien diberikan golongan O Rh negatif.

      tapi, sekali lagi, kalau masih sempat untuk melakukan pemeriksaan golongan darah atau tau golongan darah pasien, harus diberikan darah dengan golongan yang sama.
      :) semoga tidak tambah bingung.

  62. 98 fransisca suciwanti
    October 1, 2011 at 7:25 pm

    Saya ingin sekali donor darah, tapi ini merupakan hal yang baru untuk saya. Apabila sebulan yang lalu saya baru saja melakukan operasi besar, kapankah saya bisa mencoba untuk mendonorkan darah saya?

  63. 100 nanda efrizal
    October 1, 2011 at 10:46 pm

    Saya Ingin Sekali Donor Darah,,,Darah Saya AB Tp nggk Thu Resus ny apa,,.

    Kalau Di lubuk linggau,sumatra Selatan Mau Donor Dmn Ya,..????

  64. 101 moel
    October 2, 2011 at 12:07 am

    mau tanya, apakah penderita diabetes bisa ikut mendonorkan darahnya?

  65. October 2, 2011 at 3:59 pm

    saya teguh sutiono alamat ; jln.kusuma bangsa perum sub inti Rt 004 Rw 009 no.109 pekalongan 51141 jawa tengah saya pedonor darah sukarela..saya sudah donor darah 65x,gimana saya ikutan group blood for life….usia saya 36..email saya ( maulana.ulil@yahoo.com ) tingyu

  66. October 2, 2011 at 7:59 pm

    jika saya mendonorkan darah, saya tinggal di banjarmasin, bgm cari, mohon informasinya

  67. 104 Sri Asih
    October 3, 2011 at 9:06 am

    Saya Blm pernah donor darah, Kalau saya ingin mendonorkan darah dimana ? Lokasi rumah saya Jelambar Jakarta Barat. Terima kasih

    • February 20, 2012 at 6:43 pm

      bisa di mobil unit yang jadwalnya bisa dicari tau di fb utdd pmi dki,
      bisa di unit donor darah di trisakti yang terletak dekat masjid dan buka pada hari kerja,
      bisa di markas pmi jakarta barat, tapi saya tidak tau pasti waktu dan tempat pastinya.

  68. 106 cahya
    October 3, 2011 at 11:56 am

    Saya ingin sekali menjadi seorang pendonor,
    Hal apa yang harus lakukan pertama agar dapat jd pendonor ???
    Saya tinggail di Denpasar, tempat untuk donor darah dimana saja ???

    • October 5, 2011 at 10:06 am

      Hai Cahya.
      Kebetulan saya juga domisili Denpasar, disetiap rumah sakit pemerintah bisa koq kita mendonorkan darah. (info dari petugas PMI) Jadi anda bisa datang ke RS Sanglah atau RS Wangaya.
      Semoga info ini membantu.

  69. 109 wumei_mei@yahoo.co.id
    October 7, 2011 at 4:10 pm

    kecewa, gk bs ikt partisipasi dlm donor darah
    pdhal golongan darahku O
    berat badan gk ampe 40kg,,,

  70. 111 merry
    October 8, 2011 at 7:55 am

    hmm..padahal saya pengen banget jadi pendonor darah,,tapi keadaan kesehatan saya ada di salah satu org yg tidak boleh mendonorkan darahnya…

  71. 112 sarah sungkar
    October 9, 2011 at 1:37 pm

    pengen deh bisa ikut mendonorkan darah.iri melihat orangtua dan kakak dirumah yg bisa rutin mendonorkan darahnya.seorang yg punya diabetes )seperti saya( rasanya tidak bisa ya menjadi pendonor?? setiap hari saya mengeluarkan setetes darah untuk dicek gula darahnya.
    saya kena diabetes sejak usia 6th dan sekarang sudah berusia 17th.klo di hitung hitung,mungkin stetes darah saya yg setiap hari dikeluarkan sejak kecil itu bila dikumpulkan bisa menjadi 2-3 bungkus darah utk di donorkan yah??
    what a pity

  72. October 9, 2011 at 4:15 pm

    saya siap untuk mereka

    semoga ad hal berguna yg bisa saya berikan untuk mereka

  73. 114 Hery
    October 14, 2011 at 9:21 am

    Saya mau jadi anggota BFL gimana caranya ya?

  74. 115 yahdi ulul amri
    October 14, 2011 at 11:01 am

    gol darah saya b+, saya mau donor darah. gmn caranya. saya tinggal di daerah ciledug-tangerang.

  75. 116 ncii
    October 21, 2011 at 10:32 pm

    Alhamdullilah,
    ternyata udd donor darah mlah jd tmbh smngat ngjalanin hari. Karna setidaknya bsa nolongin kehidupan orang lain.
    Amiin

  76. 117 Gufron Bayu Ermawan
    October 26, 2011 at 1:53 pm

    Golongan darah ku B. Ku ingin menjadi anggota donor darah online. Bagaimana caranya,trima kasih

  77. 118 asih
    October 29, 2011 at 11:51 am

    salam buat semau.
    saat ini 29/10/2011 adik saya sedang memerlukan trombosit aferesis, golongan darah A rhesus positif, karena menderita leukimia akut, lokasi di RS telogorejo semarang. rencana kalo bisa diproses senin pagi tgl 31/10/2011 di PMI semarang karena hari sabtu dan minggu PMI tidak bisa memproses aferisis. Bila ada yang bersedia membantu silahkan hubungi saya, yan 085326156999.
    terima kasih

  78. 119 asih
    October 30, 2011 at 5:18 pm

    salam
    maaf meralat yang sebelumnya, ternyata kondisi adikku ga bisa di transfusi. Dokter mengatakan kondisi darahnya rhesus mayor ataupun minornya positif. jadi incompatible buat transfusi dan beresiko tinggi.
    sebenernya ga paham sih…..ada yang tau maksudnya?

    • February 20, 2012 at 6:55 pm

      saya pikir yang dimaksud adalah darahnya inkompatibel mayor dan minor.

      artinya saat sel darah donor dicampur dengan plasma pasien (pemeriksaan uji silang serasi atau cross match mayor) dan saat sel darah pasien dicampur dengan plasma donor (pemeriksaan uji silang serasi atau cross match minor) di laboratorium, terjadi penggumpalan.

      artinya lagi, kalau darah donor dimasukkan dalam tubuh pasien akan ada kemungkinan untuk terjadi reaksi transfusi. bentuk reaksi yang timbul bisa berbeda tergantung beberapa hal, sehingga bila diputuskan untuk tetap transfusi, artinya harus dilakukan pengawasan ketat selama dan sesudah transfusi.

  79. 121 mohamad arif h
    November 3, 2011 at 6:50 pm

    SMA NEGERI 37
    MENGADAKAN KEGIATAN DOOR DARAH
    yang akan di laksanakan
    … KAMIS 17 NOVEMBER 2011
    di AUDIO VISUAL SMAN 37

    Jl. H. No. 40 Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan

  80. 122 mohamad arif h
    November 3, 2011 at 6:51 pm

    SMA NEGERI 37
    MENGADAKAN KEGIATAN DONOR DARAH
    yang akan di laksanakan
    … KAMIS 17 NOVEMBER 2011
    di AUDIO VISUAL SMAN 37

    Jl. H. No. 40 Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan

  81. 123 tomo
    November 8, 2011 at 8:49 am

    thnx bgt
    tapi untuk umur 16 tahun g boleh knpa y? Terimakasih

    • February 20, 2012 at 7:00 pm

      itu alasan hukum aja….
      kalau di luar negeri, usia 16 tahun yang mendapat ijin dari orang tua bisa mendonorkan darah. sayangnya di Indonesia, proses ini malah susah dijalankan di kota besar karena sistem komputer akan langsung menolak begitu pendonor berusia di bawah 17 tahun. :)

  82. 125 putri
    November 14, 2011 at 10:57 am

    dibutuhkan segera golongan darah B, di palembang rs. Mohamad Hoesain atas nama saudara LI ANGGA PUTRA SARI,umur 18 tahun, akibat kanker tulang,dari keluarga tidak mampu, amputasi kaki kiri atas lutut

    mohon segera mengubungi email chandra_pu3@yahoo.com, hp.085269590609

  83. 126 itha
    November 14, 2011 at 4:53 pm

    alasan knp harus barat badan 45 kg darah d ambl 250 cc
    mnta alasan akuratx trimakasih

  84. November 15, 2011 at 12:33 pm

    Ass…wbr…….

    saya Aktin Tinggal di lombok NTB Barang siapa yang Ingin Butuh darah Golongan. O .saya bersedia untuk mendonorkan darah saya silahkan contak saya 081917410584 / Email
    aktin2003@yahoo.com / Facebook Muhammad aktin

  85. 128 martin
    November 15, 2011 at 9:31 pm

    Saya martin, tinggal di kota Palembang Sumsel, golongan darah -O-, siap menyumbangkan darah saya sukarela bagi yang butuh, Contak saya di 085377255047, atau email mfamartin@gmail.com

  86. 129 yuridha
    November 25, 2011 at 4:34 pm

    Setetes darah yang kita berikan, secercah harapan buat mereka …

  87. December 2, 2011 at 5:13 pm

    Saya tidak pernah olahraga sejak lulus kuliah (19 thn), cm sepeda an sj krn “bike to work”. Apa bisa jadi pendonor ?

    • February 20, 2012 at 7:03 pm

      sehat tidak?
      kalau merasa sehat, datang aja dulu buat donor. kalau ternyata hasil pemeriksaan fisiknya tidak membolehkan untuk donor, artinya ada kesempatan untuk membuat tubuh benar2 sehat. :)

  88. 132 wiwin
    December 4, 2011 at 7:39 pm

    aku ingin sekali berdonor kemana aku harus pergi

    • August 14, 2012 at 2:29 pm

      harap menghubungi PMI atau Rumah Sakit terdekat.

      Untuk daerah jakarta, donor darah dapat dilakukan di:
      1. UTD PMI DKI Jakarta, Jl Kramat Raya No. 47 Jakarta Pusat
      2. UDD Tanah Abang, Lantai Atap Pusat Grosir Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat
      3. UDD Senayan City, Lantai LG Senayan City, Jakarta Selatan
      4. UDD Universitas Trisakti, Grogol
      5. Mobile Unit di berbagai tempat pada waktu yang berbeda-beda (untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat di http://www.pmi-jakarta.org)

  89. 134 wiwin moslem
    December 4, 2011 at 7:52 pm

    Bagi orang yg membutuhkan darah bergolongan darah O di Serang Banten hubungi saya di no tlp 087871106500

  90. 135 Citra
    December 22, 2011 at 10:54 am

    Infonya bermanfaat sekali. Thanx…Numpang copas ya :-)

  91. December 27, 2011 at 11:59 am

    hi, Jika suami saya baru mendonorkan darah sekitar 1 minggu lalu, apakah masih bisa melakukan donor lagi skrg? krn saat ini ada yg memerlukannya.
    apakah bisa berefek pada kesehatannya?

    Mohon bantuannya.

  92. 137 bromtimol
    December 28, 2011 at 11:18 am

    hi, mau nanya, setelah darah diambil, baru darah diperiksa terhadap penyakit yang bisa menular lewat transfusi darah. ini biasanya mencakup HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis. kita sebagai pendonor apakah boleh mengetahui hasil pemeriksaan tersebut secara gratis?

    trimakasih

    • August 14, 2012 at 3:12 pm

      ini tergantung kebijakan dari unit transfusi darah setempat. coba saja hubungi unit transfusi darah dimana anda biasa mendonorkan darah.

      hal yang perlu diingat, ada penyakit yang berdasarkan peraturan yang dibuat oleh pemerintah tidak boleh diberitahukan kepada orang tersebut.

      dan pemeriksaan yang dilakukan untuk donor darah bersifat uji saring (jadi masih ada kemungkinan salah). untuk memastikan, biasanya diperlukan pemeriksaan yang lebih detil yang disebut sebagai pemeriksaan diagnostik.

  93. December 30, 2011 at 1:50 pm

    bermanfaat bgt nih gan, ijin Copas ke blog ane ya gan, trims

  94. 140 annisa
    December 30, 2011 at 2:16 pm

    pingin donorin darah, tp masih 16thn boleh ga?
    knp usia minimalnya 17thn?

  95. 141 neva
    December 30, 2011 at 3:39 pm

    umur saya 21 tahun, tapiii… berat saya cuma 43 kg, dan hemoglobin saya 11. terus, tekanan darah saya 100/60-an …

    terus katanya eritrosit saya ada selnya yang ngga bulat, saya lupa apa namanya -_-
    jadi ngga bisa ya? ;_;

    bisa ngga ya hemoglobin dan tekanan darah ditingkatin, terus eritrosit saya dibenerin? ;_;
    kalo berat badan kayaknya kan bisa………

  96. January 4, 2012 at 5:57 am

    informasinya sangat berguna saya ijin copas untuk blog saya http://www.deni1743.co.cc sekedar menyebar luaskan informasi… :)

  97. 143 yasir
    January 18, 2012 at 3:30 pm

    saya pengen ikut juga..
    kita sehat…
    ibadah pun dapat…

  98. January 29, 2012 at 11:35 am

    Makasih ya infonya..sangat bermanfaat….
    Mari Kita menjadi jiwa Pendonor

  99. 146 tepe
    January 30, 2012 at 6:32 am

    tany donk..
    klo donor d PMI, nti qt d cek dlu darahnya ada penyakit atau tdk (misal hepatitis yg kadang bagi calon pendonor jg tdk menyadari keberadaan hepatitis tsb) atau diambil dulu darahnya br d cek?

  100. 147 santi
    February 1, 2012 at 1:27 pm

    Saya akan menjalani vaksinasi Hepatitis B. Apa boleh sy tetap mendonorkan darah selama program vaksinasi,krn vaksinasi perlu diulang 6 bln dr suntikan ptama?

  101. 148 endry
    February 5, 2012 at 10:12 am

    ass…wr…wb…
    Saya mau jd anggota donor darah,,
    Saya mau tanya,kantor PMI D BEKASI,daerah mana ea ? ?
    MakasiH,,

  102. 149 LiSa
    February 10, 2012 at 2:49 pm

    Aku niat donor darah besok, makanya cari2 info nih.:)

  103. 150 nhieza
    February 10, 2012 at 9:12 pm

    saya mau dondar yang ke 2 kalinya minggu depan. tapi pengen tau kualitas darah saya gimana caranya ya? Kemaren cuma diperiksa tensi doang.

  104. February 12, 2012 at 2:15 am

    senang bisa gabung di komunitas ini. sy gol darah A+, dan tinggal di jatibening :)

  105. 152 リンダ
    February 12, 2012 at 11:23 am

    aku berharap aku bisa segera sehat dan cukup umur untuk bisa melakukan donor darah. mungkin hal itu adalah hal yang mustahil aku lakukan untuk saat ini. tapi, aku ingin membantu sesama, meringankan beban mereka dan memperpanjang hidup mereka, selama aku masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia ini.

  106. 153 santi
    February 16, 2012 at 2:48 pm

    Dukung dan ikuti Aksi Donor Darah untuk Umum yang diadakan PPDS Bedah FK Unair/ RSUD Dr.Soetomo Sby pada hari JUMAT, 16 MARET 2012 bertempat di Instalasi Rawat Darurat RSUD Dr.Soetomo mulai dari jam 08.00 sampai selesai (malam hari)

  107. February 19, 2012 at 8:15 pm

    saya minta izin copas di blog saya yaa :)

    mau ikut donor darah juga,
    saya sdh 17thn, tp berat badan saya belum sampai 45kg :(

    *harus naikin berat badan dulu*

  108. 155 yuli purwaningsih
    February 20, 2012 at 2:51 pm

    bolehkah kalau orang yang punya sakit gula mendonorkan darahnya…..dan apa akibatnya bagi orang yang sudah menerima donor darah dari pendrita penayakit gula

  109. 156 Fit
    March 3, 2012 at 10:17 pm

    Info nya sangat bagus dan lengkap sekali,

    pertama saya donor darah di tahun 2000 an, dan waktu itu termasuk yang rutin per 3 bulan atau 3bulan+ ( jarang di bawah 3 bulan ) bahkan pernah saya lakukan di bulan suci Ramadhan ( karena pas 3 bulan ) setelah donor terakhir, sehingga total rutinitas donor darah saya -+ sudah 24x, namun pada saat ingin mendonorkan kembali itu di tolak oleh UTDD setempat di katakan bahwa saya untuk datang konseling, nah pada saat konseling hanya di katakan bahwa kekentalan darah saya di atas normal yaitu 17.1 padahal WHO menetapkan max kekentalan darah tidak lebih dari 17.0, akhirnya saya sering tidak melakukan donor darah lagi, namun tidak putus semangat saya tetep mencoba di berbagai tempat dan saya juga pernah mengadakan kegiatan donor darah dan tetap hasilnya saya tidak boleh untuk mendonorkan darah, seinget saya sudah -+10s/d 15x saya mencoba dengan hasil yang sama, tidak boleh
    akhirnya pada tahun 2011 lalu saya datang kembali ke UTDD di kramat raya untuk konseling, dan pada saat itu di ambil sample darah saya sehari kemudian saya telp untuk menanyakan hasil nya, dan alangkah kaget nya saya ketika mengethaui hasil nya bahwa di dalam tubuh saya terdapat virus hepatitis c, dan di sarankan untuk tidak donor darah lagi karena di Indonesia saat ini belum ada anti virus untuk hepatitis C,

    yag saya ingin tanyakan adalah

    1. apakah masih mungkin bagi saya untuk dapat melakukan donor darah kembali ?
    2. apa yang harus saya lakukan untuk dapat membunuh virus hepatitis C ( dengan cara alami ataupun medis )
    3. dimana tempat donor darah yag tepat selain di UTDD ?

    terima kasih

  110. 157 achmad nasution
    March 4, 2012 at 11:44 am

    saya ingin donor darah stlh kmrn dpt sran dr dokter agar darah kita selalu segar kmbali cuman sayang saya ini alergi ikan laut telor dan ayam jadi kesimpulannya boleh tidak yaaaaa trims

  111. March 11, 2012 at 8:57 am

    informasinya sangat bermanfaat… ijin copas yaa….
    saya Nurul,25th, baru 16x donor, gol A+

    salam kenal untuk Blood Angel semuanya
    (^,^)v

  112. 159 Darmadi
    March 15, 2012 at 11:47 pm

    saya pendonor Gol darah B,
    yang saya tanyakan kenapa setiap di PMI kok yg butuh darah slalu diminta biaya, apa emang ada prosedur seperti itu, bagaimana klo yang tidak mampu dg biaya tersebut, mau dikemanakan pasien yg membutuhkan darah

  113. 160 Vildri
    March 20, 2012 at 7:36 am

    Thanks bgt yaa.. Informasinya berguna bgt.. Keberulan saya juga udh niat pengen donor darah..

  114. 161 hidayatus solihin
    April 7, 2012 at 9:30 am

    Klo sya mao ngedonor dimna yah,sya tinggal’a didepok apa ada. .blood centernya.

  115. April 7, 2012 at 7:56 pm

    terima kasih infonya..hari ini nonton SHE CAN di TV jadi tertarik bantu promosi Blood For Life. Mohon izin copy paste info2 disini. Terima kasih.

  116. 164 hendri iryawan
    April 8, 2012 at 10:16 am

    Daftar di mn??? Gol drh ( B RH NEGATIF)…

  117. 165 hendri iryawan
    April 8, 2012 at 10:25 am

    Sy mw gabung tp alamatnya disorong nie,gol darah B-/rh negatif……..makasi.

  118. 166 ika puspita
    April 9, 2012 at 12:22 am

    aku masih 17 tahun, aku mau dong ikut komunitas blood4Life..gimana caranya ya ? aku mau kalo ada event2 di jakarta bisa ikutann.. :(

  119. 167 Agus Wijaya
    April 12, 2012 at 8:31 am

    saya pernah berniat utk donor tapi setelah dilakukan pengecekan ternyata kondisi darah saya waktu itu HB nya lemah. Hal ini ditunjukkan dgn mengambangnya darah saat dicelupkan ke air. Apakah dgn kondisi darah yg mengambang di air tadi menandakan kadar HB saya yg rendah? Terima kasih utk jawabannya.

  120. April 19, 2012 at 5:12 pm

    : mau tanya dong,
    : kalo contoh diatas kan ada yg dalam 3 bulan, 3 kali donor

    : bagaimana kalau donor dalam 2 bulan sekali?
    : ada masalahkah? bolehkah?

  121. 169 rubijanti
    April 22, 2012 at 5:32 pm

    Bisa tolong dijelaskan arti ketergantungan obat? Apakah bila teratur minum obat darah tinggi seperti Norvask termasuk tidak boleh menyumbang darah, karena darah akan dibuang dan tidak dapat dimanfaatkan ?
    Terima kasih sebelumnya.

  122. May 1, 2012 at 6:22 pm

    izin copas.. sy msh 16 thn tp skitar 6 bln lg 17th. udah niatan ngedonor krn iri liat ortu rajin ngedonor jg biar bisa bntu yg membutuhkn. jd skrng siap2pin diri jg ksehatan.. smoga brjln lancar. Amiin.

  123. 171 bob karauwan
    May 14, 2012 at 9:53 am

    apakah orang yg prnh menderita Penyakit TBC (sudah sembuh) bisa melakukan donor darah?

  124. 172 Yuliana Yonatan
    May 24, 2012 at 1:01 pm

    Dear @ Just Silly,
    †h♌ñkγ({})ü for having and sharing BFL with us. Unfortunately, what u write on the point 7 is a kind of thing that scary me the most. 8 months, the time needed for our body to re fuel the iron in our blood. Is it true? I thought we were expected to donate our blood every 3 months period? Your reply, pls.. †h♌ñkγ({})ü

  125. 173 prisca
    May 25, 2012 at 2:40 pm

    ,blan fbruari aq d0n0r darah dskulah,
    ,stlah d0n0r it berat bdan sya tetap gax brubh,
    ,tp blan nie kan sya sdah wkt.ny d0n0r,
    ,eh berat bdan sya naik truz,
    ,pa d0n0r itu penyebB berat bdan syat tetap?

  126. 174 hari rizal fahlefi
    May 30, 2012 at 10:07 pm

    aku barusan donor dara!
    Setelah di cek tkanan darahku 100 tapi aku gak merasakan pusing!dan ak masih memilih untuk donor!
    Yang saya anyakan ap tidak ad efek samping bagi pendonor yang tkanan darahnya cman 100!
    Terima kasig jawabanyya!

  127. 175 Keti
    June 9, 2012 at 9:51 am

    Kalo lagi dapet boleh donor?

  128. June 12, 2012 at 4:49 pm

    2 minggu lalu aku coba donor darah untuk kedua kalinya, tapi ditolak, karna HB ku rendah. gimana ya cara naikin HB ?

  129. 178 nasrun
    June 16, 2012 at 1:57 pm

    apakah seseorang yang pernah menderita malaria, boleh mendonor darah ?

  130. 179 Diny
    June 19, 2012 at 6:37 pm

    Alhamdulillah kemarin sy sdh mendonorkan darah di PMI Bandung utk pertama kali krn ada anak balita yg membutuhkan darah AB, kmrn sy sedang puasa tapi alhamdulillah saya baik2 sesudahnya :-) insya Allah saya akan rutin mendonorkan darah, trnyt mudah dan tdk memakan waktu banyak :-)

  131. 180 fahri putrana riyanto
    July 7, 2012 at 10:29 am

    saya pengen donor tp hari sabtu. dimana nya ? saya tinggal di ciledug.

  132. 181 dina
    July 13, 2012 at 10:37 am

    klu Hb nya rendah, it menyebabkan apa ya, trz bedanya Hb dgn sel marah merah apa? mhn infonya. thx

  133. 182 Niken widyasworo
    July 26, 2012 at 10:54 am

    Saya mau tanya. Ibu saya 3 tahun yang lalu menjalani operasi pengangkatan kandungan. Setelah operasi tersebut otomatis ibu saya mengalami menopause. Orang dengan keadaan seperti ibu saya apa diperbolehkan melakukan donor darah?terima kasih

  134. 183 miftah
    August 10, 2012 at 9:30 am

    sy punya riwayat penyakit jantung, apakah saya bisa mendonorkan darah?

  135. August 12, 2012 at 10:48 am

    yang membutuhkan darah O silahkan menghubungi saya di nomor 085292421117

  136. September 16, 2012 at 2:10 pm

    nama : Samuel Steven Waldemark
    alamat : Kranji ( Bekasi Barat )
    No hp : 085695891598 ( Via sms )
    gol darah : O
    perokok : Tidak
    miras : Tidak
    narkoba : Tidak
    kesehatan : Sangat baik
    umur : 21 tahun
    Harga: 300 Jt ( nego )
    Saya ingin menjual ginjal Dan Siap donor darah. Karna Ortu Saya dah Meninggal dan buat kehidupan saya.

  137. 186 adguna yusuf
    September 25, 2012 at 4:57 pm

    Kenapa hb17 tidak diperbolehkan donor darah,, mohon penjelasan

  138. September 25, 2012 at 10:16 pm

    mantep, besok saya mau donor jadi cek dulu nih hehe

  139. 188 ade oktavia
    October 24, 2012 at 11:31 pm

    nama: ade
    domisili: balikpapan
    usia: 22
    jk: perempuan
    aku baru donor darah 2x, bulan september lalu baru donor, bulan desember nanti insyaAllah ingin donor lg, dan insyaAllah semoga bs mendonorkan darah secara rutin 3 bulan sekali.. aamiin ^_^

  140. October 26, 2012 at 9:46 pm

    Assalam..

    Saya Erika di Palembang,, mau tanya.. kita harus nunggu berapa minggu setelah menstruasi kalo ingin mendonorkan darah lagi?? Jadwal mens saya biasanya tanggal 18 atau 20.. nah sebaiknya di tanggal berapa saya boleh mendonorkan darah??

    Thanks before,,

    Wassalam

  141. 190 Eko Dian Pratiwi
    November 19, 2012 at 9:36 am

    Murid saya terkena leukemia, skrang berada di RS Kariadi Semarang, membtuhkan donor Darah Gol. A, di PMI semarang tidak ada stok, teman2 saya sudah banyak yang donor tetapi trombositnya skrag hanya 17, saya minta tolong adakah yang mau menjadi donor bagi murid saya /

  142. 191 zie
    November 20, 2012 at 4:36 pm

    ingin coba mendonorkan tapi tempat yang paling dekat dr daerah ps rebo jakarta timur d mana ya?? makasih infonya…

  143. November 28, 2012 at 6:28 pm

    Kalau jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan, maka jumlah penyumbangan tidak akan bisa lebih dari 4 kali/tahun, jadi syarat terakhir itu perlu direvisi sedikit biar lebih pas.

  144. December 3, 2012 at 3:20 pm

    Dear Teman-teman sekalian,
    Ada kah dari kamu yang bergolongan darah O- (O Negatif atau O rhesus negatif)??? Tolong Bantu ibu teman saya, yang baru-baru ini di tabrak sehingga mengalami patah tulang total di bagian lengan, paha, dada, dan lainnya stelah penabrakan pelaku menJAMBRET tas milik beliau :'(…
    Sekarang beliau di rawat di RS Bhayangkara MAKASSAR dan sangat membutuhkan darah O- untuk dilakukan OPERASI segera… Kami masih butuhkan 2 KANTONG DARAH O- lagi…

    Bila kamu bergol darah O- tolong bantu kami… Insyaallah Tuhan akan membalas semua kebaikan dari setetes darah yang kamu berikan…
    TOLONG LAH KAMI… Jika kamu tergerak hatinya untuk menolong ibu kami… tlong hubungi kami segera:
    (Cindy : 082188843132 atau
    efraim : 081342043123)

  145. 194 dwi cume
    December 18, 2012 at 8:56 am

    gue dwi..mo tanya low mau donor darah tapi berat bedan gak nyampai 45 kg tapi syarat” yang lain sudah mencukupi apa boleh donor…?? trims

  146. January 11, 2013 at 10:24 am

    Bolehkan saya melakukan donor darah setelah vaksinasi meningitis…?

  147. 197 garnasih
    January 14, 2013 at 5:57 pm

    ijin untuk ditampilkan di acara donor darah nggih,..matur nuwun. terima kasih…

  148. 198 try
    January 19, 2013 at 6:45 pm

    mungkinkah dengan berat badan 40kg.saya bisa berbagi..

  149. 199 Anas
    February 7, 2013 at 2:36 pm

    terimakasi infonya… saya juga pendonor darah, dan skrg saya tahu yg sebenarnya mengenai darah yg saya donorkan… jika ada yg membutuhkan golongan darah O+, hubungi saja saya, saya berdomisili di Bandung :)

  150. 200 dinaa
    March 8, 2013 at 2:12 pm

    umur 16 tahun blh gak donor darah,,,

  151. April 20, 2013 at 7:21 pm

    There is this misconception that “fats” are bad, and we should reduce
    our fat intake because it will lead us down a path of gaining weight and or potentially
    becoming fat. Moisturizer: My moisturizer has a double duty, it hydrates and protects because
    it contains a SPF. Coconut oil is a natural treatment that
    acts as a relief for eczema.

  152. April 22, 2013 at 7:47 am

    Continue using coconut oil and you’ll see the benefits in good, clear skin, free of dryness and other skin conditions and a lessening of fine lines and wrinkles. Coconut is also full of e vitamin, which is a well-known pores and skin nutrient. Nickel allergies were a lot more common in the past with the use of jet guns.

  153. April 28, 2013 at 6:02 am

    PKO can be used to treat ailments like cold, catarrh, cough, convulsion, skin infection and stomach upset among others disorders that affect
    children (as well as adults). Did you know that each and everyone of us is fueling one of the world’s biggest ecological disasters and acts of animal slaughter and genocide in history. Don’t be shy asking if you want to succeed in CPO Futures trading.

  154. April 28, 2013 at 3:28 pm

    I think the admin of this site is in fact working hard in favor of his web site, for the reason that here every data
    is quality based information.

  155. April 29, 2013 at 11:25 am

    Other cures for eczema are also dependent on drastic changes in your lifestyle.
    These places have all your health, wellness, beauty, and relaxation solutions.
    For the people with dandruff problems, saying: “I want to grow my hair long” is no
    priority.

  156. 206 Shirra
    April 29, 2013 at 11:50 pm

    Apakah pemakai pil KB boleh mendonor darah? Karena salah satu yang membatalkan saya donor darah di PMI Senayan City Mall karena saya menkonsumsi pil KB.

  157. 207 ichan
    May 4, 2013 at 12:47 pm

    klo yg kista bartholin boleh donor darah g?

  158. 208 jons
    May 12, 2013 at 7:25 am

    saya sudah donor sebanyak 20 kali, namun saya baru ditato dua bulan yang lalu. yang mau saya tanyakan adalah, saya boleh donor lagi atau tidak, dan kalo boleh sesudah enam bulan atau satu tahun?

  159. May 15, 2013 at 10:26 am

    matur tenkyu atas informasinya

  160. May 19, 2013 at 5:20 am

    Saya belajar merutinkan donor darah, semampu saya. Meski tekanan darah sy termasuk rendah seringnya hanya 90/ 70 dan jarang sekali sampai 100, saya kuatkan niat; bahwa jika menunggu tekanan darah normal, tentu saya tdk sempat donor darah. Kadangan saya pusing dan mau pingsan sesudah donor darah, saya terima saja, saya berbaring dan banyak minum air putih. Biasanya hal tersebut cuma sekitar 2 jam, atau sampai saya tidur di malam harinya. Biasanya petugas PMI akan menolak saya, tapi saya bilang Insya Allah, saya udah biasa.. Dan keesokan harinya, setelah saya donor darah, saya jadi lbh sehat, bahkan tekanan darah saya menjadi normal… Apakah scr medis akan mengganggu jika saya tetap donor dg tekanan darah sy yg rendah tsb, saya takut jg mendalami atau mencari alasan2 ilmiahnya….. Saya serahkan pd Yang Maha Kuasa, yg saya syukuri adl nikmat merasa sehat, dan berharap tdk hrs diuji dg kondisi hrs mencari/ membutuhkan donor darah suatu saat..aamiin.

  161. May 20, 2013 at 9:51 am

    kalo donor di Rumah Sakit atau UGD kira-kira boleh tidak
    sebab sudah lama tidak mengikuti kegiatan donor darah
    trima kasih

  162. 212 Ratz
    May 26, 2013 at 9:51 pm

    Apakah ketika gula darah lagi pd level 274, sebaiknya tdk donor darah?

  163. 213 Homepage
    June 27, 2013 at 6:40 pm

    Apa kah saya boleh mendonorkan darah, saya bkn penderita thalasemia mayor, saya hanya pembawa sifat thalasemia minor, bagaimana ?

  164. 214 Andri Wijaya
    June 28, 2013 at 7:12 pm

    Donor darah adalah kewajiban setiap manusia untuk saling membantu dan sangat berguna bagi perkembangan tubuh manusia… tetapi ada hal yang harus kita perhatikan bersama dan kita cari solusinya. pada saat kita mendonorkan darah itu geratis dan hanya mendapatkan Snack atau makanan ringan saja, akan tetapi Pada saat kita membutuhkan darah… Kita harus membeli ( Tidak ada Uang, Tidak ada Darah )… dan saya juga pernah mengalami hal seperti itu… dan terkadang di rumah sakit, PMI, sering terjadi kehabisan stock darah, jadi pertanyaan saya…? Bagaimana untuk masyarakat yang tidak mampu untuk membeli darah tersebut.. terima kasih

  165. 215 arif budiarto
    July 16, 2013 at 8:04 pm

    Saya mau tanya, jika selang waktu donor kita blm sampai 3 bulan untuk mendonorkan darah kembali, brarti kita tidak boleh mendonorkan darah walaupun itu dalam keadaan penting n mendesak (ada yg memerlukan darah yg sejenis) ? Tolong di jawab

  166. July 19, 2013 at 8:13 pm

    When someone writes an article he/she keeps the
    plan of a user in his/her brain that how a user can know it.
    Thus that’s why this piece of writing is perfect. Thanks!

  167. 217 riezha atikah
    July 22, 2013 at 6:44 am

    Dengan hormat.. Dengan ini memberitahukan bahwa pada saat ini kakak saya yang bernama Nanang Endrawan 47 tahun yang sedang menderita Leukimia sejak tahun 2003 dan sedang dirawat di RS Dharmais lantai 6 kamar 606 sangat membutuhkan bantuan donor darah golongan A. Sehubungan dengan itu, sudilah kiranya kami mengharapkan bantuannya. Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih. Hormat kami, Dwi Rahayu/085649873931

  168. 218 Hanif
    August 16, 2013 at 9:05 am

    Kalo pernah menderita hepatitis A masih bisa mendonorkan darah tidak?

  169. 219 Iin Apriyanti
    August 24, 2013 at 12:25 pm

    kalo berat badan kurang dari 45 kg tapi badan tidak terlalu tinggi apa tetap tidak boleh melakukan donor darah?

  170. 220 Iwayan sukarsa
    August 26, 2013 at 5:36 pm

    Donor darah adalah perbuatan yang sangat mulia, selain bs mengetahui bahwa dlm tubuh kita itu ada penyakit atau tidak secara gratis…tp jg dpt pahala krna kita secara tdk langsung menyelamatkat nyawa seseorang…

  171. September 14, 2013 at 9:49 pm

    Izin copas di tumblr saya ya. Jazakumullah :)

  172. 222 Yani
    September 15, 2013 at 5:40 am

    Bisa donor darah itu hari apa aja ya?tq

  173. September 20, 2013 at 11:17 am

    Jika pendonor darah mengalami penyakit pusing…apakah berpengaruh dengan si yg di donor ?

  174. 224 me
    September 24, 2013 at 1:15 am

    berbagi pengalaman saja…
    saya sudah 2 kali ini melakukan donor darah aferesis ..
    sepengetahuan saya donor aferesis adalah donor darah tetapi hanya diambil hemoglobinnya saja..
    donor ini sangat disarankan karena dari 1 kantong donor aferesis setara dengan 7-9 kantong donor konvensional. jangka waktu pengambilan darah kembali bisa 2 minggu sekali berbeda dengan konvensional yang butuh wakttu 3 bulan..
    selama pengambilan darah aferesis tidak sakit sama sekali, dan menurut saya resiko nyaris tidak ada karena pengambilan hemoglobin dilakukan dengan alat khusus yang canggih (bukan secara manual) jadi dokter atau petugas PMI hanya memantau..
    meskipun pengambilan darah aferesis itu lama sampai hampir 2-3 jam (1 jam untuk menunggu tes lab dan 1-2 jam untuk pengambilan hemoglobin) tetapi itu sepadan dengan nyawa yang bisa kita selamatkan…
    penyesalan saya adalah ketika ada seorang anak yang membutuhkan donor aferesis yang mana saya baru mengetahui 1 minggu kemudian tetapi setelah aku kontak ternyata anak tersebut telah meninggal karena tidak mendapatkan pendonor aferesis.
    jangan sampai kejadian tersebut terulang kembali karena kita tidak tahu tetes darah kita bisa menyelamatkan banyak nyawa manusia.

  175. 225 fitri
    September 25, 2013 at 12:27 pm

    kenapa orang yang minum obat tdk bisa donor? bgaimana akibatnya jika pendonor minum obat dan bagaimana untuk penerima jika memakai dari pendonor tersebut? catatan: kalau obatnya itu jamu tradisional.. mohon jawabannya,, terima kasih sebelumnya^^

  176. October 23, 2013 at 10:26 pm

    Wow! This blog looks just like my old one! It’s on a
    entirely different topic but it has pretty much the same layout and design.
    Outstanding choice of colors!

  177. October 31, 2013 at 7:50 am

    Klau rang itu tdak memenuhi syarat donor darah tp dia memaksakan untuk mndonor, apakah yang akan trjdi dengan si org tsb.

  178. 228 ismatulloh
    November 7, 2013 at 12:02 pm

    All sahabat aku lagi butuh donor darah golongan darah A udh sekarang lagi koma d immanuel bandar lampung

  179. 229 Monica
    November 11, 2013 at 10:57 am

    ribet ga tuh proses nya mbak?
    pgen sich dnor darah..lom pernah soalnya.

  180. 230 Ibnu
    November 11, 2013 at 11:22 am

    Saya mau tanya, kalau darah rendah, bolehkah donor darah?

  181. November 11, 2013 at 11:54 am

    terus kalo mau donor darah kita harus kemana ??
    Aq pengen donor darah .

  182. November 16, 2013 at 7:35 pm

    insya allah besok mau ikut donor darah pertama kali, mudah-mudahan diterima, soalnya kira-kira 6 bulan yang lalu mau ikut tapi ditolak karna Hb nya rendah, cuma 11,3 , kayaknya gara-gara malamnya begadang, kenapa bisa ngaruh ya?

  183. November 17, 2013 at 7:38 pm

    Assalamualaikum,, Gw setahon yg lalu dirawat karena hepatitis akut,, apakah sudah boleh donor lagi..?? Pengen bgt donor lg,,,
    Balas k email y,,

  184. 234 ari
    November 29, 2013 at 3:21 am

    JUAL GINJAL.!
    untuk biaya pengobatan kakak. pria, 23th. Gol
    darah B.hrga bisa nego. hub. 081283187695.
    TANGERANG

  185. 235 rahmatia
    November 30, 2013 at 6:52 pm

    ∂ķΰ denger dari orang sih
    Apa bener Ƴɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊ kalo donor darah ΐtц bikin qt susah ngurusin badan / susah kurus ♌γ̳̳̤̤åªǟ
    Cz ∂ķΰ bermasalah ama berat badan sih
    Tolong d jawab Ƴɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊ ϑãŋ makasih sebelum ♌γ̳̳̤̤åªǟ

  186. December 19, 2013 at 11:53 am

    sekitar 3 bulan lalu saya mengikuti acara donor darah tp saya ditolak. Sblmnya saya ditanya kapan terakhir haid dan saya jawab 3 hari yg lalu dan kata pelayan PMI di sana harus seminggu stlh haid. Tp dr info diatas syaratnya tidak dpt melakukan donor darah SAAT haid bukan seminggu setelah haid.
    Mohon info segera karena akan ada Donor Darah lagi pada tgl 22 Desember 2013
    Terima Kasih.

  187. 237 anis febrianti
    January 22, 2014 at 11:44 am

    Say mw nanya kenapa setelah operasi besar harus nunggu 12bln dloe buat donor darah?? Alasannya ap???

  188. 238 Ami
    January 22, 2014 at 6:02 pm

    Syaratnya harus lebih dari 17 tahun kak? Kalau 2 bulan sebelum 17 bisa ga? Tapi udah ada izin dari ortu. Saat donor itu kita harus nunjukin ktp?

  189. 239 anakrisna.putri
    January 23, 2014 at 1:50 pm

    umur 16 tahun boleh gak sih donor darah . ?

  190. February 26, 2014 at 11:49 am

    wah pengen cepet-cepet usia 17 biar bisa menyumbangkan darah :)

  191. 241 listikawati
    February 28, 2014 at 9:53 pm

    Td sore sy mau dnor darah k tman yg gol darahx jg O, tp krna tnsi sy cuma 100/70,jd ndk bisa, oya saat ini sy sdang konsumsi obat diet apa berpengaruh ktika ingn mendnor?

  192. 243 listikawati
    February 28, 2014 at 9:59 pm

    Td sore sy mau dnor darah k tman yg gol darahx jg O, tp krna tnsi sy cuma 100/70,jd ndk bisa, oya saat ini sy sdang konsumsi obat diet apa berpengaruh ktika ingn mendnor?….

  193. 244 nesya
    March 25, 2014 at 9:56 am

    Kalau habis minum anggur segelas kecil ( sloki), apa boleh mendonor?

  194. March 26, 2014 at 8:07 pm

    terima kasih atas informasinya. kami minta ijin untuk copy ya…biarkan pengetahuan tentang donor darah menyebar luas. willy anggota relawan PMI Kabupaten Manggarai

  195. April 1, 2014 at 1:12 pm

    Permisi, kalo yang pernah terkena penyakit akibat nyamuk (misal:malaria,demam berdarah,cikhunguya) apa juga diperbolehkan untuk donor darah?

  196. 247 nana
    April 19, 2014 at 10:25 pm

    Alkhamdulillah Ǘϑɑ̤̥̈̊Ħ 14 tahun ∂[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇υ̲̣̥ menjadi pendonor darah aktif hingga saat ini,amien

  197. 248 nabilah145
    April 26, 2014 at 8:00 pm

    aku kan mau donor darah, tapi ga lolos tes :( gara2 berat badannya 58kg, padahal diatas minimal 45kg, padahal mau banget donor darah :'(

  198. 249 nabilah145
    April 26, 2014 at 8:04 pm

    maaf salah, maksudnya berat aku 48 :)

  199. 250 suri
    May 6, 2014 at 8:57 pm

    Kalau donor darah dlm rentang waktu dg donor sebelumnya kurang dari 3 bulan gimana tuh mb??

  200. 251 tuti wahyuningsih
    May 9, 2014 at 11:00 am

    Saya susah pernah donor darah 3x tapi pas mau donor darah ke 4 gk bisa katanya darah rendah. Emg betul apa? Padahal saya kepingin bgd donor darah :(

  201. 253 idey
    May 10, 2014 at 5:35 pm

    saya udah biasa donor, namun setahun belakangan ini d tolak terus karena tekanan darah naik, tapi tiap di cek di rumah tekanan darah normal2 aja…..memang tiap saya akan donor sya selalu merasa tegang, apakah pengaruh dari tegang tersebut?….umur sy 33 tahun.

    • September 23, 2014 at 5:19 am

      Ya… :)

      Coba atur nafas dulu sebelum donor… Tarik nafas dalam, lalu keluarkan perlahan… Buat pikiran lebih tenang…. Bisa dengan cara mendengarkan musik, membaca atau ngobrol…

      Saya sering diajak teman saya yang mau donor. Pada keadaan itu, biasanya saya suka ngajak ngobrol. Biasanya bukan tentang donor darah (kalau soal donor darahnya, saya obrolin sebelum datang ke tempat donor)… Mulai dari teman, acara di tv, sampai printilan seperti belanjaan di rumah… Sampai saat ambil darah, sebisanya saya berdiri di sisi selain tempat donor (misal donor pakai lengan kiri, saya berdiri di dekat kaki kanan teman saya itu)…. Biar teman saya tidak melihat ke arah jarum, dan tambah grogi…

      Kalau masih grogi juga… Biasanya saya suka keluar dulu, jalan2… Cuci mata, baru balik lagi… Kalau begini, konsep tempat donor di mal itu sangat membantu… :)

      Tapi, kalau saya keluar, saya infokan dulu kalau saya mau coba lagi setelah menenangkan diri sebentar… Saya juga tanya, jam berapa tempat donornya tutup. Jangan sampai, jalan2nya kelamaan, sehingga tempat donornya keburu tutup.

  202. 255 james silaban
    June 10, 2014 at 2:13 am

    Kalau ada yg ingin membutuhkan donor organ manusia segera hub;081277314954 ,saya siap menolong keluarga bpk/ibu . Saya iklas membantuh dn tp masalah pembayaran oprasi bpk/ibu yank menanggung.

    James silaban

  203. June 10, 2014 at 9:41 pm

    kalo anak gaul b0leh ga?

  204. 257 Ammy
    June 11, 2014 at 9:01 pm

    Tadi pagi saya mau donor darah gol. A, darahnya normal siihh tetapi HB’y katanya kurang

  205. 258 elviz06
    July 4, 2014 at 10:08 am

    Saya berkeinginan donor darah tetapi selalu gak terlaksana karena selama ini HB saya rendah…tapi sudah kira-kira 1 tahunan ini saya tidak pernah cek HB, kira-kira kalau mau donor darah untuk pertama kali prosedurnya beda gak ya dengan yang sudah berulang kali dan gimana meyakinkan diri kita bahwa donor darah akan membawa kemaslahatan buat kita pribadi, terimakasih

  206. July 4, 2014 at 1:11 pm

    Jadi gak segampang yg ak pikirin y donor darah it rumit bgt !!!

    • September 23, 2014 at 4:48 am

      Ha ha… Proses untuk pendonornya sederhana, kok. Proses yang dilakukan oleh orang ‘di balik layar’ yang rumit…

      Mulai dari perekrutan donor… Rumit, karena sebagian pendonor, mau donor jika diminta… Padahal akan lebih baik bila pendonor mau donor secara rutin, tiap 3 bulan, tanpa harus diminta (kecuali keadaan khusus, seperti Rh negatif). Dengan begitu, stok darah akan cukup, pasien juga bisa langsung dapat darah, tanpa harus menunggu darah yang didonorkan siap.

      Sampai kepada pemberian transfusi darah ke pasien… Ini perlu satu buku sendiri untuk menceritakan kerumitannya. :)

  207. 261 alif ronan
    July 9, 2014 at 6:56 pm

    yoo….. pengin donor darah tapi sayang masih berumur 13th

  208. 262 sanaya milla
    July 24, 2014 at 2:13 pm

    apakah umur 14 juga tidak boleh mendonorkan darahnya ? mengapa ?

  209. 263 rls14
    July 24, 2014 at 9:45 pm

    berarti donor darah bisa mengurangi berat badan?

    • September 23, 2014 at 4:42 am

      Karena darah juga mempunyai berat, ya. Setiap donor, berat badan akan berkurang. Satu kantong darah ukuran 450 mL itu beratnya sekitar 0,5 kg.

      Tapi, begitu anda minum untuk mengganti cairan, berat ini akan kembali (karena digantikan kembali oleh air yang diminum).

      Intinya, donor darah bukan salah satu cara untuk diet. :)

  210. August 24, 2014 at 5:39 pm

    Padahal dlu seneng donor..

    Tapi semenjak tahu ada kelainan… (Thalasemia) pada darah saia…

    Ndak berani lagi saia…
    Padahal banyak yang ngajakin..

  211. 266 ria
    September 13, 2014 at 11:55 pm

    Jika hari ini saya melakukan donor darah. Tapi kemarin saya masih minum doxycilin bagaimana ?
    Karena saya lupa jika saya kemarin minum obat

  212. 267 ReIn
    September 15, 2014 at 9:08 am

    sebelum dono darah ada ga sih yang perlu di persiapkan / diperhatikan ?

    • September 23, 2014 at 4:38 am

      Persiapan yang baik bisa dimulai sejak seminggu sebelum donor, dengan cara mengatur makan. Banyakin makan sayuran hijau dan daging merah. Dengan begitu, Hb dijaga dalam batas optimal untuk donor. Ini akan menjadi lebih bagus kalau dilakukan secara rutin setiap hari, tidak hanya seminggu sebelum donor. :)

      Malam sebelum donor, tidur yang cukup. Sebelum donor, makan dahulu, setelah itu, lakukan aktivitas ringan (maksudnya jangan abis makan langsung donor… Kasih waktu dulu, biar makanannya ‘turun’).

      Pakai baju yang longgar terutama di bagian lengan (biar bisa dengan mudah disingsingkan). Beberapa donor, kembali berdarah karena lengan baju yang terlalu ketat.

      Hindari untuk memakai sepatu yang susah dikenakan (seperti banyak tali yang harus diikat), karena beberapa orang merasa pusing saat menundukkan kepala untuk memakai sepatu.

      Siapkan waktu yang agak panjang, karena anjurannya adalah: setelah donor, jangan langsung pulang… Duduk2 aja dulu. Minum. Ngobrol juga gpp. Ketawa juga boleh. :) setelah itu, pastikan semua ok, baru pulang…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 290 other followers

%d bloggers like this: